Begini Cara Kurangi Kantuk Dan Lelah Saat Berpuasa

Jumat, 18 Mei 2018, 05:34 WIB | Laporan: Johannes Nainggolan

Foto/Net

Mengantuk dan sering lelah merupakan hal yang sering dialami saat puasa. Kondisi ini wajar karena dalam posisi menahan lapar dan dahaga.

Namun, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan supaya tidak didera kantuk dan lelah berlebihan saat berpuasa. Caranya dengan hindari makanan yang terlalu manis, dan berlemak.

"Berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut ketika berbuka dan sahur dapat meningkatkan kadar glukosa darah secara cepat. Glukosa darah yang naik secara cepat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk," ujar dokter Yolinda Candra Arintya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (17/5).

Kiat lain yang disampaikan dokter dari RSI Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah, adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Saat berbuka, kata Yolinda yang utama, adalah mengkonsumsi air putih. Namun hal ini bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni.

"Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola yang memiliki sifat diuretik (memacu keinginan berkencing)," kata Yolinda.

Saat puasa, Yolinda juga mengajak untuk tetap produktif. Lakukan aktivitas sama seperti saat sedang tidak berpuasa.

"Jangan khawatir, saat puasa tubuh tetap mendapatkan asupan energi yang didapat dari simpanan lemak tubuh," ujarnya. [nes]
Editor:

Kolom Komentar