Germas, Upaya Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Selasa, 24 Juli 2018, 09:56 WIB | Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo
Komisi IX DPR RI mendukung sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digaungkan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah kesehatan.

Germas sendiri merupakan gerakan nasional yang diprakarsai Presiden Joko Widodo yang mengedepankan upaya promotif dan preventif. Termasuk melibatkan seluruh komponen bangsa dalam membumikan paradigma sehat.

"Terutama stunting, TBC, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," kata anggota Komisi IX Nurmansyah E Tanjung kepada wartawan, Selasa (24/7).

Dia mengatakan, sesuai instruksi presiden dan peraturan menteri kesehatan, Germas harus benar-benar berjalan di tengah masyarakat.

Untuk itu, Nurmasyah berharap dengan semakin gencarnya Germas, masyarakat menjadi lebih paham sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menyukseskan Germas tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehata, namun harus juga ditunjang oleh peran masyarakat.

"Peran kementerian dan lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan. Dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat," jelas Nurmansyah. [wah]
Editor:

Kolom Komentar