Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SHKJ Tingkatkan Kesadaran Pemberian ASI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 06 Agustus 2018, 23:48 WIB
SHKJ Tingkatkan Kesadaran Pemberian ASI
Foto/RMOL
rmol news logo Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) memperingati Pekan ASI Sedunia 2018 dengan melakukan kegiatan Customer Centric Initiatives pada 1-7 Agustus.

Bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan kesadaran para ibu akan pentingnya air susu ibu (ASI) untuk masa depan anak.

Koordinator Klinik Laktasi SHKJ DR. Dr. Naomi Esthernita Dewanto SpA(K) mengatakan, tema Pekan ASI Sedunia tahun ini yaitu Breastfeeding: Foundation of Life merupakan pengakuan akan pentingnya pemenuhan ASI sedari dini untuk masa depan anak yang cemerlang.

"Hal ini karena pemberian ASI eksklusif minimal enam bulan pertama sejak bayi lahir bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi, mencegah malnutrisi, mendukung perkembangan otak. Serta menurunkan risiko kelebihan berat badan pada anak," jelasnya di di SHKJ, Jakarta, Senin (6/8).

Naomi menambahkan, ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi, termasuk antibodi alami yang dapat melindungi bayi terhadap infeksi atau gangguan kesehatan lain. Pihaknya selalu menyarankan agar semua ibu memberikan ASI eksklusif enam bulan pertama sejak bayi dilahirkan tanpa diberi tambahan makanan dan minuman apapun tetapi dengan pemantauan pertumbuhan yang benar.

"Setelah enam bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Sementara pemberian ASI tetap diteruskan hingga bayi berusia dua tahun," ujarnya.

Menurut Naomi, Pekan ASI Sedunia yang diselenggarakan SHKJ diperingati dengan ragam kegiatan seperti Pijat ASI Bersama yaitu edukasi menstimulasi ASI yang diperuntukkan bagi pasangan suami istri, Pijat Kaki untuk lbu yaitu kegiatan relaksasi yang dipersembahkan khusus bagi ibu, serta Health Talk bertema ASI sebagai Fondasi Kehidupan bayi.

"Selain itu, para staf SHKJ juga turut ambil bagian dengan pertunjukan flash mob di poli anak untuk menghibur para pasien, terutama ibu dan anak," katanya.

CEO SHKJ Amelia Hendra juga membagi pengalaman sebagai seorang ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif namun tetap berkarir secara aktif.

Dia mengatakan, menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu yang juga wanita karir untuk terus memegang teguh komitmen memberikan ASI ekslusif selama enam bulan. Selama perjalanan menyusui, dirinya menyadari pentingnya dukungan penuh dari keluarga dan lingkungan agar ibu dapat nyaman dan bersemangat memberikan ASI eksklusif.

"Dengan kegiatan peringatan Pekan ASI Sedunia ini saya berharap SHKJ dapat terus menjadi institusi pelayanan kesehatan yang dipercaya oleh keluarga. Untuk mendapatkan informasi edukasi dan bahkan pengobatan terbaik untuk ibu dan anak," jelas Amelia. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA