Stem Cell, Terapi Peremajaan Kulit Dari Jaringan Lemak Tubuh Sendiri

Rabu, 22 Januari 2020, 16:40 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

HayandraLab menyediakan layanan terapi kulit berkualitas dan terstandarisasi/Istimewa

Memiliki kulit yang cantik dan sehat adalah impian bagi semua orang, khususnya wanita.

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia dan gaya hidup yang tidak baik, kulit cenderung lebih cepat mengalami penuaan. Untuk mengatasi hal ini, banyak wanita yang mencari alternatif dengan melakukan rejuvenasi atau peremajaan kulit.

Nah, peremajaan kulit bisa dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya dengan terapi kulit dengan teknologi stem cell atau sel punca.

Menurut penjelasan Dokter Bedah Plastik dari Klinik Hayandra, dr Krista Ekaputri SpBP-RE, sel punca atau sel induk saat ini tengah menjadi tren. Terapi sel ini berfungsi untuk menggantikan atau meregenerasi sel-sel di tubuh yang mengalami kematian. Salah satunya disebabkan penuaan.

Proses terapi ini dilakukan dengan pengambilan jaringan lemak di bagian tubuh. Proses ini harus dilakukan oleh ahli, yakni dokter bedah plastik. Dalam hal ini, Hayandra adalah salah satu klinik yang memiliki fasilitas dan kompetensi untuk melakukan terapi ini dengan aman.

“Sel punca yang terkandung dalam SVF (stromal vascular fraction) dari HayandraLab yang berjumlah miliaran sel tanpa proses kultur, merupakan sumber sel peremajaan kulit yang aman, praktis, efektif, dan rendah risiko,” kata dr Krista dalam konferensi pers "Penemuan Terbaru Dunia Medis: Terapi Sel untuk Peremajaan Kulit dan Sistem Imun" di Jakarta, Selasa (21/1).

Setelah melakukan proses ini, peremajaan kulit pun bisa segera terlihat. Elastisitas, kelembapan, dan ketebalan kulit akan meningkat. Kulit pun akan terlihat lebih kencang.

Untuk memaksimalkan terapi ini, SVF juga dapat digunakan bersamaan dengan terapi fat graft yang berfungsi untuk menambah jaringan lemak di wajah. Proses ini pun dapat dilakukan di HayandraLab.

Seperti dituturkan oleh pendiri Yayasan Hayandra Lab, Dr dr Karina SpBP-RE, klinik ini telah mendapatkan hak paten pertama di Indonesia untuk teknologi pengolahan lemak, termasuk stem cell, pada Januari 2019.

Hayandra juga telah terafiliasi dengan 12 Rumah Sakit di Indonesia yang mendapatkan legalitas dari Kementerian Kesehatan RI sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 32/2018. Di mana hanya RS dan klinik yang memiliki layanan sel terapi berkualitas, teruji, dan terstandarisasi yang bisa mendapatkan legalitas ini.

"Dengan visi dan misi untuk menyediakan layanan kesehatan yang efektif, efisien, dan aman, serta diakui baik secara nasional maupun internasional, Klinik Hayandra telah memperluas layanan spesialistiknya, dengan layanan terapi sel autologus sebagai layanan unggulan," tutup dr Karina.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020
Video

Dokter Ketty Herawati Sultana Meninggal Karena Corona, Sempat Rawat Menhub Budi Karya

Minggu, 05 April 2020