Dampak Ekonomi, Pengamat: Tidak Bisa Bayangkan Jika Wabah Virus Corona Menyerang Dunia Ketiga

Wabah Virus Corona/Net

Virus corona menyebar dengan cepat dan sangat mengkhawatirkan. Setelah Amerika, ada temuan kasus baru di Singapura, Vietnam, dan Arab Saudi. Data terakhir hingga berita ini dituliskan, pemerintah China mengkonfirmasi sebanyak 830 kasus terjangkit virus corona dengan jumlah kematian mencapai 25 orang.

Hal itu diungkapkan oleh Komisi Kesehatan Nasional pada Jumat (24/1) seperti yang dimuat Channel News Asia. Dari total 830 kasus yang dikonfirmasi, 177 dalam kondisi serius. Sementara 34 orang lainnya sudah pulih dan sudah dapat dipulangkan.

Virus Corona menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala dari paparan virus Corona meliputi batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Pemerintah China menyatakan virus ini bisa menular melalui kontak antar-manusia.

Serangan yang dahsyat dari virus ini memunculkan kekhawatiran seperti kejadian wabah virus severe acute respiratory syndrome (SARS) yang merebak pada awal 2002 dan membesar pada 2003 di China.

Jika benar virus Corona menjadi wabah seperti SARS, perekonomian China bisa kian tertekan. Kasus virus corona ini saja telah membuat pejabat pemerintah di wilayah Wuhan, China menutup operasional seluruh transportasi, termasuk bandara. Penutupan dilakukan sejak Kamis (23/1) pagi waktu setempat.

Pengamat Ekonomi David Sumual menyebut penyebaran virus corona akan sangat berdampak terhadap ekonomi dunia. Terutama karena China adalah pusat ekonomi besar.  

“Saya nggak bisa bayangin jika wabah ini menyerang dunia ketiga, sementara Wuhan di China adalah Negara dengan ekonomi besar itu saja bisa goyah karena wabah ini,” ungkap David saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/1).

Ia menyebut pusat ekonomi itu terletak di dekat Three Gorges Dam yang jika terjadi sesuatu akibat dari wabah ini tentu  bisa berpengaruh terhadap ekonomi China.

“Ini juga yang kita khawatirkan. Saat ini saja area di sana sudah di lockdown, artinya aktivitas ekonomi seperti bepergian, belanja, akan terganggu. Tentu pengaruhnya sangat buruk. Pengaruhnya jelek buat ekonomi China sekarang.”

Ia berharap wabah tersebut segera selesai dan tidak menyebar ke mana-mana. “Jadi ya kita liat aja perkembangannya sampai dua  minggu ini, mudah-mudahan nggak semakin menyebar di sana, ya.”

Untuk di Indonesia, David berharap penyebaran virus corona bisa ditekan karena Indonesia memiliki iklim tropis.

“Harusnya kalau di Indonesia nggak perlu khawatir, karena virus-virus kayak gitu biasanya penyebarannya nggak cepat ya. Tapi ini kan musim hujan, lembab, jadi itu yang kita khawatir.”
 
David meyakini, wabah virus corona belum terlalu berdampak kepada perekonomian Indonesia. Meski begitu ia mengharapkan segera ada tindakan kontijensinya.

“Tapi kita harus tetap waspada karena eksportir terbesar komoditi adalah China. Kalau berkepanjangan kasusnya ya pasti ada juga pengaruhnya,” ujar David.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Pesan Anies Baswedan Untuk ASN: Tetap Tangguh Meski TKD Berkurang

Jumat, 29 Mei 2020
Video

Ini kronologi Dua Mobil PCR untuk Surabaya Diserobot Pemprov Jatim

Jumat, 29 Mei 2020

Artikel Lainnya

Usul Berlakukan New Normal Di Tempat Kerja, Pelaku Industri Diminta Jalankan Protokol Covid-19
Kesehatan

Usul Berlakukan New Normal D..

31 Mei 2020 23:24
153 Orang Reaktif Covid-19 Dalam Rapid Test Yang Digelar BIN Di Zona Merah Surabaya
Kesehatan

153 Orang Reaktif Covid-19 D..

31 Mei 2020 22:32
Perawatan Pasien Covid-19 Capai Rp 215 Juta, DPR: Harus Dievaluasi!
Kesehatan

Perawatan Pasien Covid-19 Ca..

31 Mei 2020 19:38
Cerita Driver Ojol Aryo Wicaksono, Pasien Covid-19 Yang Dinyatakan Sembuh Dan Sempat Dikucilkan Warga
Kesehatan

Cerita Driver Ojol Aryo Wica..

31 Mei 2020 16:54
Update Covid-19: Kasus Positif 26.473 Orang, Pasien Sembuh Bertambah 293 Orang
Kesehatan

Update Covid-19: Kasus Posit..

31 Mei 2020 16:00
Ratusan Warga Ciledug Tangerang Antusias Ikuti Rapid Test BIN
Kesehatan

Ratusan Warga Ciledug Tanger..

31 Mei 2020 04:30
Dinilai Sudah Aman, RSHS Bandung Siap Buka Kembali Layanan Kesehatan Non-Covid-19
Kesehatan

Dinilai Sudah Aman, RSHS Ban..

31 Mei 2020 02:08
Update Corona 30 Mei: Positif 25.773 Orang, Sembuh 7.015 Orang, Dan Meninggal 1.573 Orang
Kesehatan

Update Corona 30 Mei: Positi..

30 Mei 2020 15:49