Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar Dari Flu Burung, Dinkes Pemprov DKI Siaga Hadapi Virus Novel Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 24 Januari 2020, 14:21 WIB
Belajar Dari Flu Burung, Dinkes Pemprov DKI Siaga Hadapi Virus Novel Corona
Dinas Kesehatan DKI Jakarta/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengimbau seluruh warga Ibukota waspada terhadap wabah pneumonia berat akibat virus baru Novel Corona (nCoV) yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Setidaknya, di China, hingga Selasa (21/1) telah ditemukan 224 kasus dengan 4 kasus kematian. Negara lain yang telah ditemukan kasus ini adalah Jepang (1 kasus), Korea Selatan (1 kasus), dan Thailand (2 kasus).

Penyakit tersebut dapat menular antar manusia secara terbatas dan belum ada vaksin yang dapat mencegah penyebaran virusnya.

Walaupun hingga Jumat (24/1) belum ditemukan secara resmi penderita pneumonia atau terjangkit visrus conona di DKI Jakarta. Dinas kesehatan sudah bersiap siaga.

Kepala Bidang Dinas Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengimbau bagi Warga Jakarta khususnya atau WNI pada umumnya  yang mempunyai riwayat perjalanan dalam kurun waktu dua minggu ke negara terjangkit virus corona untuk dapat melakukan cek kesehatan

"Jika muncul demam dan keluhan batuk, sesek nafas, untuk segera pakai masker dan berobat ke dokter," ungkapnya saat dihubungi wartawan pada, Jumat (24/1).

Selain itu, Dwi mengimbau kepada semua pihak untuk menerapkan etika saat mengalami batuk untuk menutupnya menggunakan tissue sebab penyebaran virus ini dengan cepat berpindah lewat udara.

Kemudian, kata dia, masyarakat jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan juga sabun. Jika tidak tersedia air, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.

Dwi menambahkan, belajar dari pengalaman virus sebelumnya seperti virus flu burung, Dinas Kesehatan juga telah memiliki alat-alat kesehatan yang terbilang memadai untuk mencegah dan juga menanganinya.

"Tiap tahun kita pertahankan kemampuan untuk mencegah dan menangkal. Jadi tidak serta merta flu burung misal sudah lewat, terus kita santai. Alat-alat sudah memadai, kita punya pengalaman Lesson learned," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA