Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkes Terawan: Tidak Semua Yang Kontak Dengan Penderita Corona Langsung Sakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 02 Maret 2020, 16:20 WIB
Menkes Terawan: Tidak Semua Yang Kontak Dengan Penderita Corona Langsung Sakit
Terawan Agus Putranto/RMOL
rmol news logo Dua warga Depok, Jawa Barat telah dipastikan positif terjangkit virus corona baru atau Covid-19. Publik kini bertanya-tanya, dengan siapa saja ibu dan anak itu berinteraksi selama terjangkit dan bagaimana sebarannya.

Menjawab keraguan tersebut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa tidak semua orang yang kontak langsung dengan kedua pasien akan langsung terjangkit corona.

“Tidak semua orang yang kontak itu akan menjadi sakit, itu prinsipnya,” terangnya kepada wartawan di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, mulai Senin ini (2/3).

Mantan kepala RSPAD Gatot Subroto itu mengajak masyarakat Indonesia untuk rasional dalam menghadapi kasus ini. Dia tidak ingin ada pikiran irrasional yang justru membuat masalah semakin tidak karuan.

“Kita enggak usah meniru negara lain yang membuat heboh. Kita sistem trackingnya sudah sangat bagus,” tegasnya.

Lebih lanjut, Terawan juga memastikan bahwa mereka yang berkontak langsung juga tidak akan menjadi pembawa virus. Pasalnya, dalam dunia virus tidak mengenal carrier sebagaimana bakteri.

“Kalau udah lewat namanya save limiting disease ya dia ilang. Makanya, artinya tergantung imunitas tubuh kita,” urainya.

Untuk itu, purnawirawan TNI bintang tiga itu mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga imunitas dan membudidayakan hidup sehat.

“Jadi lebih baik tonenya seperti itu, mencegah,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA