Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbatasnya Ruang Isolasi, RSPI Tegaskan Jangan Asal Kirim Pasien

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Maret 2020, 06:33 WIB
Terbatasnya Ruang Isolasi, RSPI Tegaskan Jangan Asal Kirim Pasien
Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso/Net
rmol news logo Keterbatasan ruang isolasi di Rumah Sakit Penyakit Menular (RSPI) Sulianti Saroso membuat tim medis di sana harus mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan ruangan khusus tersebut.

Dari 11 ruangan isolasi, sembilan di antaranya telah terisi. Dua lainnya digunakan sebagai cadangan darurat.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, SpP, akhirnya mengeluarkan imbauan agar rumah sakit lain tidak asal merujuk pasien untuk isolasi ke RSPI.

Ruang isolasi di RSPI ini khusus untuk pasien yang berstatus suspek atau memang positif virus corona. Sementara untuk yang memiliki gejala ringan dan tidak ada indikasi kontak atau bepergian ke negara terjangkit, agar dirawat di rumah sakit sebelumnya.

"Oh iya, mohon disampaikan ke RS lain, janganlah asal kirim pasien. Harus betul-betul memenuhi kriteria," kata dr Syahril pada wartawan di RSPI Sulianti Saroso, Jumat (6/3).

Hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan ruang yang tersedia agar tidak salah digunakan. Syahril mencontohkan, pernah ada pasien yang dirujuk dari rumah sakit untuk diisolasi di RSPI, tetapi saat diperiksa pasien tersebut hanya batuk biasa.

"Karena waktu itu pernah kejadian kan. Kasian lho, pasien jauh-jauh datang, akhirnya kita masukkan ke ruang biasa," lanjutnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA