Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasien London Ini Menjadi Orang Kedua Di Dunia Yang Berhasil Sembuh Total Dari HIV

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 Maret 2020, 18:39 WIB
Pasien London Ini Menjadi Orang Kedua Di Dunia Yang Berhasil Sembuh Total Dari HIV
Ilustrasi/Net
rmol news logo 'Pasien London' demikian ia disebut, adalah kasus kedua pasien HIV yang berhasil disembuhkan. Pria ini adalah penderita HIV yang baru saja sembuh dan menjalani perawatan transplantasi sel induk.

Pria ini sebenarnya berasal dari Venezuela. Dia pernah menjadi headline saat para peneliti di University of Cambridge melaporkan tidak berhasil menemukan jejak virus penyebab AIDS dalam darahnya selama 18 bulan.

Peneliti HIV dan penulis buku Ravindra Gupta mengatakan hasil tes tersebut luar biasa dan kemungkinan menunjukkan pasien itu sembuh.

"Kami telah menguji serangkaian lokasi yang biasanya disembunyikan oleh HIV dan semuanya negatif untuk virus aktif," kata Gupta, kepada AFP.

Pasien London ini didiagnosis dengan HIV pada 2003 dan telah menjalani pengobatan sejak 2012. Belakangan, dia didiagnosis menderita Limfoma Hodgkin lanjut, sebuah kanker yang mematikan.

Pada 2016, dia menjalani transplantasi sumsum tulang untuk mengobati kanker darah, menerima sel punca dari donor dengan mutasi genetik, yang bisa mencegah penularan HIV. Donor dengan keunggulan ini kurang dari satu persen orang Eropa.

Dia menjadi orang kedua yang sembuh dari HIV setelah Timothy Brown dari Amerika, yang dikenal sebagai 'Pasien Berlin'. Brown pulih dari HIV pada 2011 setelah pengobatan serupa.

Es virus cairan serebral Castillejo, jaringan usus dan jaringan limfoid, tidak menunjukkan infeksi aktif.

"Sangat sulit membayangkan bahwa semua jejak virus yang menginfeksi miliaran sel dihilangkan dari tubuh," ujar si Pasien London ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA