Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wejangan Khusus Pemerintah Kepada Pasien Corona Yang Dipulangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 12 Maret 2020, 17:29 WIB
Wejangan Khusus Pemerintah Kepada Pasien Corona Yang Dipulangkan
Jurubicara penanganan virus corona baru (Covid-19), Achmad Yurianto/RMOL
rmol news logo Pemerintah lewat Jurubicara penanganan virus corona baru (Covid-19), Achmad Yurianto memastikan 3 pasien positif yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan sudah sembuh dan bisa dipulangkan.

Namun, mereka harus melakukan sejumlah catatan yang harus dilakukan saat berada di rumahnya masing-masing.

"Kami berikan edukasi pada tiga pasien setelah kembali ke keluarga agar tetap batasi diri saat berinteraksi dengan keluarga," katanya dalam jumpa pers di RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (12/3).

Edukasi yang disampaikan Achmad Yurianto, yakni melakukan olahraga rutin yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, para pasien juga diminta untuk menjaga asupan gizinya terpenuhi, selama masa isolasi diri (self isolated) di kediamannya.

"Ini yang kami minta untuk dilakukan, dan kami yakinkan kepada yang bersangkutan. Oleh karena itu kami akan memberikan izin untuk pulang," ucap Achmad Yurianto.

Adapun untuk proses pemulangan tiga pasien yang dirawat RSUP Persahabatan, terdapat mekanisme khusus yang akan dilakukan. Mulai dari proses administrasi, hingga pembekalan surat rujuk balik yang diberikan untuk pasien kepada Puskesmas domisili pasien.

"Ini sebagai bagian dari sistem monitoring apabila nanti dibutuhkan oleh pasien dan apabila ada kepentingan Puskesmas untuk melakukannya," tambah Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ini.

Sebagai informasi, 3 pasien positif yang sudah resmi dinyatakan sembuh di antaranya adalah satu pasien dengan nomor kasus 06, laki-laki unur 39 tahun. Kedua, pasien dengan nomor kasus 14, laki-laki usia 50 tahun. Kemudian yang terakhir adalah dengan nomor kasus 19, laki-laki dengan usia 49 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA