Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar Barat Mengulas Manfaat Wudu Untuk Cegah Penularan Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Maret 2020, 08:03 WIB
Pakar Barat Mengulas Manfaat Wudu Untuk Cegah Penularan Virus Corona
Berwudu/Net
rmol news logo Umat Muslim menjalankan ibadahnya setidaknya lima kali sehari. Sebelum melakukan ibadah sholat wajib dimulai dengan wudu. Artinya, minimal dalam sehari umat Muslim membersihkan dirinya lima kali.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mencuci tangan, mulut, hidung, dan wajah, adalah praktik kebesihan yang baik, terutama di saat wabah virus corona. Ritual bersuci ini pun menjadi sorotan media barat.   

Manfaat wudhu secara medis salah satunya adalah pencegahan mulut dari penyakit. Ketika berkumur dapat membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut. Apalagi dilakukan lima kali dalam sehari.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Microbiology Reviews Journal dengan judul 'Penyakit Sistemik yang Disebabkan oleh Infeksi Oral' telah menemukan hubungan antara kurangnya penyakit sistemik dengan kesehatan mulut.

Dokumentasi Netflix berjudul 'Pandemic: How to Prevent an Outbreak (Pandemi: Cara Mencegah Wabah)' juga menggambarkan bagaimana ritual bersuci umat Islam, yang dikenal sebagai wudu, dapat membantu menyebarkan pesan kebersihan yang baik.

Bahkan, wudu yang dilakukan umat Muslim diulas oleh para pakar akademik Barat, di mana hal itu sangat baik untuk disebarkan dalam praktek kebersihan terutama untuk mencegah penularan corona.   

Meski menganggap wudu yang diajarkan Nabi Muhammad bukan praktik higienis, namun mereka menggarisbawahi bahwa cara bersuci itu sebagai praktik kebersihan yang baik, ulas media-media barat, melansir The Convervation.

Ulasan itu juga mengamati Syra Madad, seorang spesialis kesehatan masyarakat Muslim di sebuah rumah sakit New York, yang mengambil waktu istirahat untuk salat di Islamic Center of New York University.

Syra melakukan wudu sebelum memasuki ruang sholat.

Rose S. Aslan, pakar dari California Lutheran University mengatakan wudu megandung manfaat.  

"Sebagai seorang sarjana studi Islam yang meneliti praktik ritual di kalangan umat Islam, saya telah menemukan bahwa praktik ini mengandung manfaat spiritual dan fisik," kata akademisi perempuan yang aktif mengajar tentang agama-agama global, tradisi Ibrahim dan Islam.

Mengikuti instruksi dari WHO untuk rajin mencuci tangan dengan sabun di masa wabah virus corona, lembaga-lembaga Muslim mulai merekomendasikan agar orang-orang memastikan untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun sebelum melakukan wudu.

Lembaga-lembaga Islam lainnya merekomendasikan bahwa masjid-masjid menyediakan sabun dan pembersih tangan tambahan di dekat area wudu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA