Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rentan Terpapar Covid-19, Petugas Medis Diprioritaskan Jalani Rapid Test

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 26 Maret 2020, 21:49 WIB
Rentan Terpapar Covid-19, Petugas Medis Diprioritaskan Jalani <i>Rapid Test</i>
Dwi Oktavia/Net
rmol news logo Jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Bahkan, tidak sedikit tenaga medis di Jakarta yang ikut terpapar virus mematikan asal Wuhan, China ini.

Atas dasar hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menerangkan, para tenaga medis di Jakarta akan diprioritaskan melakukan tes Covid-19 dengan menggunakan rapid test.

Sehingga, melalui pemeriksaan rapid test ini, bisa mengetahui status antibodi dari petugas kesehatan tersebut

"Rapid test ini kita konsentrasikan dahulu untuk tenaga kesehatan yang selama ini sudah melakukan pelayanan untuk pasien di rumah sakit atau puskesmas," ujar Dwi Oktavia di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (26/3).

Dwi melanjutkan, rapid test juga digunakan dalam rangka mempercepat contact tracing ke masyarakat. Artinya setelah mendapatkan informasi baik ODP maupun PDP, maka akan di tindaklanjuti mencari riwayat kontaknya.

"Jadi nanti pada saat pemeriksaan rapid test dilakukan, hasil yang menunjukkan negatif akan dilakukan pengujian ulang setelah beberapa waktu tertentu. Sementara, untuk hasil yang positif juga akan dilakukan pemeriksaan (lanjutan)," tandasnya.

Untuk diketahui, 50 tenaga medis yang menangani kasus Covid-19 dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, mereka tersebar di 24 rumah sakit di Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA