Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Negatif Covid-19, Empat PDP RSMH Palembang Dipulangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 30 Maret 2020, 23:50 WIB
Negatif Covid-19, Empat PDP RSMH Palembang Dipulangkan
Konferensi pers RSMH Palembang/Net
rmol news logo Kabar baik kembali datang dari Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Empat pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan negatif Covid-19 akhirnya dipulangkan pihak RSMH Palembang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Zen Ahmad, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penaggulangan Covid-19 Sumatera Selatan (Sumsel) dalam keterangan persnya di RSMH Palembang, Senin (30/3/2020).

Dia mengatakan, sebelumnya sudah ada 6 pasien yang dirawat RSMH Palembang dinyatakan negatif dan telah dipulangkan. Jumlah tersebut kemudian bertambah, hingga hari ini, empat pasien dinyatakan negatif dan dipulangkan.

“Dari 20 PDP, 6 sudah pulang, 2 meninggal, dan hari ini empat pasien dipulangkan karena hasilnya negatif Covid-19. Sementara 8 pasien masih dirawat,” jelas Zen dilansir dari Kantor Berita RMOLSumsel.

Untuk 8 PDP yang saat ini menjalani perawatan spesimennya telah dikirim dan tinggal menunggu hasil.

Dengan cepatnya penyebaran virus corona ini, pihak RSMH telah menambah ruang isolasi dan membuat jalur khusus pasien Covid-19. Selain itu, RSMH Palembang memanfaatkan Posko Covid-19 untuk menentukan penanganan pasien.

Agar tidak tercampur dengan yang lain, RSMH telah membuat jalur khusus. Jadi bagi pasien yang datang ataupun rujukan diarahkan ke Posko Covid-19. Dari sini akan dilihat tingkat penyakit yang diderita pasien dan bagaimana penanganannya.

Dikatakan Zen, RSMH sendiri memiliki 5 ruang isolasi yang dilengkapi fertilator . Ruang ini digunakan untuk PDP dengan gejala pneumonia, sedangkan 27 ruang isolasi lainnya tanpa ventilator yang digunakan untuk PDP tanpa gejala pneumonia.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUP Mohammad Hosein, Harun Hudari mengatakan bahwa RSMH berkordinasi dengan Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlet Jakabaring.

Menurutnya, Rumah Sehat Covid-19 tersebut sebagai pusat komando atau distribusi pasien. Rumah sehat itu punya tiga fungsi. Pertama sebagai pusat kendali rujukan. RS mana yang akan dituju setalah pasien melakukan pengecekan. Kedua, sebagai screening pasien.

“Setelah discreening akan ditentukan, pasien ini boleh pulang, dikaratina atau dirawat,” katanya.

Selanjutnya fungsi ketiga Rumah Sehat Covid-19 sebagai Pusat Karantina Orang Dalam Pengawasan (ODP). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA