Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

#MURIuntukIndonesia Undang Masyarakat Terlibat Dalam Pengadaan APD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Selasa, 31 Maret 2020, 10:33 WIB
#MURIuntukIndonesia Undang Masyarakat Terlibat Dalam Pengadaan APD
Ilustrasi/Net
rmol news logo Alat pelindung diri (APD) adalah salah satu elemen fundamental yang ikut menentukan keberhasilan penanganan wabah virus corona baru atau Covid-19.

Tenaga medis yang berdiri di garis depan merawat pasien baik yang memiliki gejala maupun yang sudah positif terinfeksi virus mematikan ini membutuhkan APD dalam jumlah yang cukup besar.

Menyadari hal itu, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana School of Performing Arts, dan Laskar Indonesia Pusaka yang berada di bawah naungan Yayasan Kebudayaan dan Kemanusiaan Jaya Suprana mengajak anggota masyarakat terlibat dalam upaya produksi APD.

MURI menggandeng tiga tokoh yang selama ini dikenal memiliki komitmen tinggi pada isu sosial. Ketiganya adalah aktivis kemanusiaan Sandyawan Sumardi, pekerja busana Maria de Bruyn, dan pemerhati sosial Maria Ninis.

Sandyawan Sumardi adalah pendiri Yayasan Ciliwung Merdeka yang kerap memberikan pendampingan dan tak jarang terjun langsung untuk membantu kaum ekonomi bawah dan kelompok marjinal menjadi aktivitasnya sehari-hari.

Pada gerakan ini Sandyawan Sumardi berperan dalam mendistribusikan APD ke rumah sakit yang berada di kawasan Jabodetabek. Demikian juga Maria Theresia Ninis.

Adapun Maria de Bruyn disebutkan akan membantu memproduksi APD sesuai standar medis.

“Standar medis yang harus dipenuhi dalam pembuatan APD adalah mampu mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya dalam kegiatan pelayanan kesehatan untuk mengantisipasi risiko keselamatan dan kesehatan kerja para petugas medis, khususnya yang berupa bahaya biologi,” tulis keterangan dari MURI itu.

“Pembuatan masker dari bahan katun dua lapis berbentuk kantong yang bisa sisisipkan sapu tangan atau tisu turut menggerakkan roda ekonomi para ibu yang menjahitnya, Masker yang dibuat akan disebar ke daerah Yogyakarta dan Kediri,” sambung keterangan itu.

Anggota masyarakat yang ingin terlibat dalam Pencegahan Covid-19 #MURIuntukIndonesia dapat mengirimkan donasi melalui Rekening BCA 8700288821 atas nama Yayasan Kebudayaan dan Kemanusiaan Jaya Suprana.

Dengan donasi senilai Rp 100 ribu, masyarakat telah menyumbang dua pakaian APD standar medis atau 30 helai masker kain.

MURI juga meminta bantuan masyarakat untuk menginformasikan daerah-daerah yang membutuhkan APD dan masker. Informasi dapat dikirimkan ke email [email protected] atau media sosial Instagram dengan tagar #MURIuntukIndonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA