Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jubir PAN: Orkestra Penanganan Covid-19 Harus Lebih Baik Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 01 April 2020, 16:00 WIB
Jubir PAN: Orkestra Penanganan Covid-19 Harus Lebih Baik Lagi
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Jurubicara PAN Widdi Aswindi/Ist
rmol news logo Stimulus yang diberikan pemerintah kepada masyarakat diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19. Serta di saat bersamaan meningkatkan dan memberikan ruang agar orkestra penanganannya lebih baik lagi.

Demikian disampaikan Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Widdi Aswindi dalam perbincangan dengan redaksi.

Widdi yang juga Jurubicara PAN mengatakan, pihaknya memberikan beberapa catatan mendasar terutama terkait prinsip kehati-hatia penggunaan kebijakan defisit anggaran sampai dengan 5 persen. Terutama karena defisit ini akan mengakibatkan utang baru kira-kira Rp 830 triliun per tahun yang dalam rencana pemerintah akan dilakukan selama tiga tahun anggaran, yakni dari 2020, 2021, dan 2022.

“Catatan terutama adalah mengedepankan efiensi penggunaan, sedemikian hingga defisit harus dijaga sebisa mungkin tidak mencapai 5 persen dan memperhatikan upaya-upaya serius ,” ujarnya.

Sambung Widdi, dalam penangan virus Covid-19, sebelum menggunakan asumsi pemakaian defisit anggaran, pemerintah perlu mengoptimalisasi pos anggaran  pilkada 2020, dana desa, dana ibukota baru, dan dana infrastruktur yang tidak mendesak.

“Dana-dana tersebut bisa langsung digunakan dalam penanganan bantuan rakyat yang terdampak dari adanya pembatasan sosial yg berlaku,” sambung dia sambil menambahkan agar sifat dari alokasinya jangan rumit sehingga gampang dipahami rakyat.

“Institusi pelaksananya harus proakftif dan cepat dalam melakukan respon, serta adanya hotline yang mudah diakses dan tanggap dalam menyikapi persoalan,” kata dia lagi.

Tidak lupa Widdi mengingatkan agar semua upaya yang dilakukan pemerintah disertai semangat transparansi agar semua pihak dapat membantu baik langsung maupun tidak langsung

“Kami meyakini dampak susulan terhadap ekonomi nasional akan berlangsung tidak sebentar. Oleh karenanya semua dukungan diperlukan pemerintah,” masih dikatakan Widdi.

Pada bagian akhir dia mengatakan, partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu telah memberikan instruksi untuk mendukung stimulus ini kepada seluruh anggota fraksi PAN yang ada di DPR/DPRD.

“Bersama-sama pemerintah pusat dan daerah kita mengupayakan jalan terbaik bagi rakyat dalam menghadapi wabah corona ini,” demikian Widdi Aswindi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA