Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lama Tak Muncul, Diam-diam Menkes Terawan Siapkan 450 Ribu Tablet Tamiflu Untuk Pasien Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 02 April 2020, 21:08 WIB
Lama Tak Muncul, Diam-diam Menkes Terawan Siapkan 450 Ribu Tablet Tamiflu Untuk Pasien Covid-19
Menkes Terawan Agus Putranto (sebelah kanan)/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto yang sudah lama tak nampak menghiasi layar kaca di tengah pandemik Coronavirus Disease (Covid-19), akhirnya kembali muncul pada Rapat Kerja (Raker) bersama dengan Komisi IX DPR RI, melalui telekonferensi, Kamis (2/4).

Pada saat Raker bersama DPR, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu mengaku kondisinya baik-baik saja. Bahkan, dia menyebut telah mencari vaksin dan obat untuk para pasien yang terinfeksi Covid-19 itu.

Di hadapan Komisi IX DPR, dr Terawan menyatakan pihaknya telah mempersiapkan sekitar 450 ribu tablet tamiflu atau Oseltamivir (sebuah obat antiviral, sebuah inhibitor neuraminidase yang digunakan dalam penanganan influensa A dan B, dan banyak dikenal sebagai obat yang dianjurkan untuk menangani flu burung).

Tamiflu ini telah teruji klinis lantaran Terawan mengaku mendapatkan rekomendasi dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia).  

"Tamiflu yang persediaannya ada. Kita sudah ada di Dinas Kesehatan dan sudah terbagikan. Kita kemarin membagikan kembali 450.000 tablet tamiflu yang kita berikan ke rumah sakit," ungkap Terawan.

Dia menambahkan, paling lambat satu atau dua pekan kedepan rencananya akan didistribusikan lagi sekitar 1 juta tablet tamiflu tersebut untuk para pasien yang terinfeksi Covid-19 di tanah air.

"Kemarin hari Rabu (1/4) datang bahan baku untuk tamiflu. Sehingga kita akan bisa mendapatkan 1 juta tablet dalam seminggu dua minggu mendatang," demikian Terawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA