Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kapasitas, Menkes Tambah 5 Lab Covid-19 Dan 40.829 Tempat Tidur Di 132 RS Rujukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 02 April 2020, 21:45 WIB
Tingkatkan Kapasitas, Menkes Tambah 5 Lab Covid-19 Dan 40.829 Tempat Tidur Di 132 RS Rujukan
Menkes Terawan Agus Putranto (kanan) dan Menteri BUMN, Erick Thohir/RMOL
rmol news logo Dalam rangka meningkatkan perlengkapan kesehatan menghadapi wabah virus corona (Covid-19), sdikitnya 4 laboratorium pemeriksaan Covid-19 ditambah oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dari yang semula 45 lab, kini menjadi 49 lab.  

Selain itu, sebanyak 40.829 tempat tidur di 132 rumah sakit (RS) rujukan juga telah dipersiapkan oleh Kemenkes melalui Keputusan Kemenkes (Kepmenkes).

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi IX DPR RI, melalui telekonferensi, Kamis (2/4).  

"Keputusan Menkes untuk memperluas jejaring laboratorium pemeriksaan Covid-19 yang tadinya berjumlah 45 lab mejadi 49. Peningkatan kapasitas 132 RS rujukan telah disiapkan 40.829 tempat tidur," kata Terawan.

Terawan mengatakan, keputusan tersebut diambil sebagai upaya mitigasi atas potensi lonjakan kasus Covid-19 dalam negeri yang terus mengalami peningkatan.

"Ada beberapa skenario telah disusun terkait intervensi yang akan dilakukan untuk menahan laju perkembangan Covid-19 ini. (Yakni) kapastias RS, sarana prasana alat kesehatan dan kesiapan SDM (sumber daya manusia)," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu meyakini jika skenario-skenario tadi dipersiapkan dengan matang, maka kasus Covid-19 di tanah air segera usai dan teratasi dengan baik.  

"(skenario kesehatan) dapat dipenuhi, maka jumlah kasus akan melandai," demikian Terawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA