Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Artis Andrea Dian Alami Efek Samping, IDI Tekankan Lagi Klorokuin Bukan First Liner

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 April 2020, 14:35 WIB
Artis Andrea Dian Alami Efek Samping, IDI Tekankan Lagi Klorokuin Bukan <i>First Liner</i>
Artis cantik Andrea Dian/Net
rmol news logo Artis cantik Andrea Dian masih menjalani isolasi di rumah sakit darurat corona Wisma Atlet, Kemayoran. Andrea mengaku mendapatkan obat klorokuin selama masa isolasi tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun demikian, istri aktor tampan Ganindra Bimo ini mengaku mengalami efek samping saat mengonsumsi obat paru-paru tersebut. Dia pun berhenti mengonsumsi obat itu setelah merasakan efek kecemasan, mual, muntah, pusing seperti akan pingsan, jantung berdebar, napas pendek, hingga tangan tremor.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menegaskan kembali bahwa klorokuin tidak bisa digunakan sebagai obat pertama pengobatan virus corona.

Menurutnya, obat yang dibeli besar-besaran oleh pemerintah itu memang memiliki efek samping, sehingga pemberiannya harus dengan resep dokter.

“Klorokuin bukan first liner, jadi kalau ada keburukan pada problem di paru-paru dalam terapinya memang pakai klorokuin,” ujar Adib kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (5/4).

Dia menekankan klorokuin tidak bisa digunakan secara bebas. Dokter perlu menganalisa dan memberikan penilaian terhadap penyakit pasien sebelum dia memberikan obat klorokuin.

“Karena saat ini belum ada obat atau anti virus yang ampuh untuk corona. Jadi kalau pasien dengan gangguan di paru-paru akibat virus corona pakai klorokuin,” katanya.

Dia belum dapat memastikan apakah obat itu berbahaya atau tidak jika digunakan oleh para penderita virus corona. Namun untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, obat itu bisa digunakan.

“Saya enggak bisa menilai obat itu berbahaya atau tidak. Karena harus berdasarkan ilmu kedokteran dan kajian ilmiah. Tapi obat klorokuin bukanlah sebagai first liner,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA