Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

399 Orang Meninggal Karena Covid-19, Jubir Pemerintah: Mayoritas Di Atas 50 Tahun Dan Punya Penyakit Bawaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 April 2020, 17:26 WIB
399 Orang Meninggal Karena Covid-19, Jubir Pemerintah: Mayoritas Di Atas 50 Tahun Dan Punya Penyakit Bawaan
Jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto/Net
RMOL Hingga hari ini, Senin (13/4), jumlah pasien positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang meninggal dunia telah mencapai 399 orang.

Jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menerangkan, mayoritas pasien yang meninggal tersebut berusia di atas 50 tahun.

"Orang yang meninggal pada hari ini terhitung dari kemarin ada 26 orang, sehingga totalnya menjadi 399 orang. Sebagian besar dari yang meninggal ini ada di kelompok usia di atas 50 tahun," ungkap Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Senin (13/4).

Tak hanya itu, para pasien positif yang meninggal juga memiliki riwayat penyakit bawaan atau Comorbid. Dari data yang dihimpunnya, penyakit bawaan yang melekat ditubuh pasien ini di antaranya hipertensi (darah tinggi), diabetes (gula darah/kencing manis), bronchitis dan TBC.

"Yang sudah berjalan selama bertahun-tahun (penyakit bawaannya)," imbuh Achmad Yurianto.

Berkaitan dengan itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ini mengimbau agar masyrakat tetap optimistis menghadapi pandemik Covid-19 ini. Terkhusus, selalu menaati langkah pencegahan yang diminta pemerintah.

"Kita gali bersama optimisme, kita bangkitkan bersama, karena penyebaran masih terjadi. Oleh karena itu pembatasan sosial berskala besar adalah kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi. Bukan hanya untuk diketahui tetapi harus dijalankan dan dipatuhi," pintanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA