Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PB IDI: Manfaatkan Telemedis Untuk Konsultasi Dan Minta Saran Selama Isolasi Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 April 2020, 18:47 WIB
PB IDI: Manfaatkan Telemedis Untuk Konsultasi Dan Minta Saran Selama Isolasi Mandiri
Daeng M. Faqih/Net
rmol news logo Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memastikan para tenaga kesehatan akan selalu memantau kesehatan masyarakat Indonesia yang menjalani isolasi mandiri di rumah melalui layanan konsultasi medis jarak jauh atau telemedis.

Pesan tersebut disampaikan Ketua Umum PB IDI, Daeng M. Faqih, untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat selama masa isolasi.

"Saudara-saudara yang diminta untuk isolasi di rumah tidak perlu khawatir karena petugas kesehatan, pemerintah, tetap bersama kawan-kawan, tidak ditinggal sendirian," kata Daeng dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Kamis (16/4).

"Tetap diawasi, tetap diobservasi sehingga yang diperlukan kawan-kawan yang isolasi di rumah tetap bisa berhubungan dengan petugas kesehatan," dia menambahkan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata Daeng, telah bekerja sama dengan hampir seluruh penyedia jasa layanan telemedis untuk menyediakan konsultasi kesehatan jarak jauh.

Daeng meminta agar masyarakat yang mengisolasi diri di rumah untuk tidak segan-segan menggunakan layanan telemedis tersebut baik itu konsultasi kesehatan, ataupun untuk minta saran dari tenaga kesehatan.

"Silakan dimanfaatkan, jangan khawatir kami dari IDI dan yang lain siap melayani kawan-kawan sekalian yang memerlukan konsultasi, memerlukan petunjuk-petunjuk bagaimana cara yang baik menjaga kesehatan, bagaimana cara mencari pertolongan untuk periksa lanjutan, melihat perkembangan perjalanan penyakit apakah perlu perawatan di rumah sakatu atau tidak," jelasnya.

Menurut Daeng, layanan telemedis ini sangat efektif dan efisien di saat kondisi pandemik Covid-19 di Indonesia yang terus bertambah.

Daeng juga meminta kepada seluruh warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk bersabar dan tetap patuh menjalani masa karantina.

"Mohon kesabarannya untuk mematuhi apa yang sudah dimintakan oleh pemerintah dan petugas keseahatn untuk secara tertib diam di rumah, tetap jaga kebersihan, jaga kesehatan, jaga stamina yang baik," pungkasnya.

Hingga hari ini, data kasus Covid-19 di Indonesia yaitu sebanyak 5.516 positif, 548 orang sembuh, 496 jiwa meninggal, 11.873 orang pasien dalam pengawasan (PDP), dan 169.446 orang dalam pemantauan (ODP). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA