Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RS Darurat Wisma Atlet Dapat Bantuan 38 Tenaga Medis Asal Sumut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 06 Mei 2020, 10:54 WIB
RS Darurat Wisma Atlet Dapat Bantuan 38 Tenaga Medis Asal Sumut
RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dapat bantuan tenaga medis dari Sumut/Net
rmol news logo Sebanyak 38 orang relawan asal Sumatera Utara (Sumut) telah diberangkatkan ke Jakarta, Selasa (5/5). Mereka akan menjadi relawan tenaga tenaga medis untuk ditempatkan di Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Demikian disampaikan Jurubicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut, Whiko Irwan, saat memberikan keterangan pers di Media Centre GTPP Covid-19 Sumut, Kota Medan, Selasa (5/5).

“Ini sangat membanggakan. Mereka merupakan duta kesehatan dari Sumut dalam menangani Covid-19. Marilah kita doakan bersama agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan kembali ke Sumut dengan keadaan selamat dan sehat,” ujar Whiko, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Whiko juga menyampaikan, sampai hari ini Kota Medan masih menjadi daerah tertinggi penyebaran Covid-19 di Sumut. Untuk itu perlu terus digalakkan upaya-upaya pencegahan di tengah masyarakat.

“Sampai saat ini sebaran tertinggi pasien Covid-19 berasal dari Kota Medan. Namun hal itu bukan berarti kabupaten/kota lain tidak berpotensi terjadi penyebaran virus corona. Untuk itu, tetap melakukan upaya pencegahan dan tetap melindungi warganya,” imbuhnya.

Ada pun data terbaru perkembangan Covid-19 di Sumut adalah 154 pasien dalam pengawasan (PDP) tengah dirawat, dengan PCR positif sebanyak 130 orang. Pasien positif terbanyak dari Kota Medan (98 orang), Deliserdang 12 orang dan Pematangsiantar sebanyak 6 orang. Pasien meninggal bertambah satu orang dari hari sebelumnya menjadi 14 orang dan pasien sembuh juga mengalami peningkatan sebanyak dua orang menjadi 43 orang.

Untuk itu, Whiko menyarankan upaya pencegahan terus dilakukan. Masyarakat diminta tetap menggunakan masker, rutin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tidak melakukan kegiatan yang berkerumun dan melakukan isolasi secara mandiri.

Untuk petugas kesehatan yang sedang berjuang merawat pasien Covid-19, Whiko memberikan semangat menjalankan tugasnya.

“Alat Perlindungan Diri (APD) yang merupakan alat penting dalam melakukan perawatan akan terus kita dukung. Gugus Tugas Pusat kembali mengirim 4.400 APD yang diangkut dengan pesawat udara TNI AU dan sudah mendarat di Lanud Soewondo serta telah diserahterimakan oleh Dinas Kesehatan Sumut yang nantinya akan disalurkan ke puskemas dan rumah sakit di kabupaten/kota se-Sumut,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA