Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada 3.219 Ibu Hamil Selama Pandemik Covid-19, Dinkes Tasik: Angka Di Lapangan Bisa Jadi Lebih Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 07 Mei 2020, 15:55 WIB
Ada 3.219 Ibu Hamil Selama Pandemik Covid-19, Dinkes Tasik: Angka Di Lapangan Bisa Jadi Lebih Besar
Kepala Dinas Kesehatan Tasikmalaya. Uus Supangat/RMOLJabar
rmol news logo Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat sebanyak 3.219 ibu positif hamil sepanjang pandemik Covid-19 melanda Indonesia. Data tersebut diperoleh dari posyandu dan puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya, sejak Januari hingga Maret 2020.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, angka kehamilan di tiga bulan pertama 2020 ini dinilai stabil. Tercatat, pada Januari 2020 ada 1.111 ibu hamil, Februari ada 1.106 ibu hamil, dan Maret ada 1.002 ibu hamil. Jika ditotal ada 3.219 ibu hamil selama tiga bulan.

“Saya rasa ini masih signifikan, di triwulan pertama tahun 2020 ini sudah ada 3.219 ibu hamil di Kota Tasikmalaya. Kalau bulan selanjutnya, kami masih mengkaji datanya,” kata Uus Supangat, Kamis (7/5).

Namun demikian, menurut Uus, data ibu hamil di Kota Tasikmalaya diduga bisa lebih banyak. Pasalnya, di tengah pandemik Covid-19 ini banyak orang yang takut pergi ke puskesmas untuk memeriksa kandungannya.

Namun, untuk data dari Posyandu masih ada yang masuk. Karena Posyandu memiliki kader di setiap kelurahan.

“Saya rasa data yang ada di Dinas Kesehatan itu tidak sesuai yang ada di lapangan. Karena sejak awal pandemik, banyak orang yang tidak berani ke puskesmas karena takut Corona,” ucap Uus, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

“Data ini masih dalam batas normal. Jika dibandingkan dengan triwulan tahun lalu justru menurun, tahun lalu bisa 3.226 ibu yang hamil, sekarang hanya 3.219. Tapi, itu belum masuk semua datanya kan terkendala oleh Covid-19,” pungkas Uus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA