Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban PHK Tembus 6 Juta Lebih, Begini Komentar Tim Pakar Gugas Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 12 Mei 2020, 13:49 WIB
Korban PHK Tembus 6 Juta Lebih, Begini Komentar Tim Pakar Gugas Covid-19
Ilustrasi demo buruh yang terdampak PHK/Net
rmol news logo Data terbaru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebutkan angka korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akibat virus corona baru atu Covid-19 mencapai kurang lebih 6 juta orang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Data ini pun ditanggapi anggota Tim Pakar Bidang Ekonomi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Beta Yulianita Gitaharie dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (12/5).

"Jadi kalau kita lihat memang situasi ini kurang menguntungkan," ucap Beta Yulianita Gitaharie.

Dampak Covid-19, diakuinya memang sangat dirasakan pekerja sejak April lalu. Sebab pada saat itu, Kementerian Ketenagakerjaan sudah mencatat lebih dari 2 juta pekerja di-PHK.

"62 persen di antaranya itu ada di sektor formal dan sekitar 26 persen ada di sektor informal dan UMKM," sebutnya.

Namun bila merujuk data terbaru Kadin Indonesia, Beta berharap para pekerja yang masih produktif untuk tetap bertarung melawan virus corona, yakni dengan tetap beraktivitas dalam bidang yang diperbolehkan berjalan selama masa pandemik.

"Karena mereka yang kehilangan pekerjaan itu mempunyai dua pilihan, apakah akan tetap menganggur atau mereka harus bergeser ke sektor informal? Tapi apa pun pilihannya, mereka tetap harus memenuhi kebutuhan hidup," tutur Beta Yulianita Gitaharie.  

"Jadi saya rasa masyarakat masih tetap bisa melakukan aktivitas dengan tetap disiplin dalam memperhatikan protokol kesehatan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA