Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Warga Ciledug Tangerang Antusias Ikuti Rapid Test BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 31 Mei 2020, 04:30 WIB
Ratusan Warga Ciledug Tangerang Antusias Ikuti Rapid Test BIN
Salah satu warga mengikuti rapid test yang digelar BIN di wilayah Ciledug, Tangerang/RMOLBanten
rmol news logo Ratusan warga Ciledug, Kota Tangerang, antusias mengikuti rapid test Covid-19 massal yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di halaman Mal CBD Ciledug, Sabtu (30/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Daerah ini dipilih pertama karena secara permintaan Pemkot Tangerang dan daerah ini merupakan daerah episentrum, agar dapat mengetahui secara pasti kondisi yang ada di masyarakat," kata Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen Pur Neno Hermiano, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Menurutnya, untuk rapid test kemarin dilakukan sebanyak 5.000. Namun, apabila hasinya banyak yang positif bakal ditingkatkan lagi.

"Alhamdulillah sampai siang ini kita melakukan tes 300, baru satu orang reaktif. Sesuai prosedur, yang reaktif akan kita lakukan swab test kemudian PCR," ucapnya.

Ia menjelaskan, keuntungan dalam rapid test warga dapat memperoleh hasilnya dalam waktu 5 sampai 6 jam saja.

"Kegiatan ini kegiatan proaktif dari BIN untuk sisir wilayah yang jadi titik episentrum, sesuai degan program pemerintah dengan melakukan tes yang masif, lalu tracing yang isolasi yang ketat," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin menambahkan, garda terdepan untuk mengatasi pandemik Covid-19 ada di masyarakat. Ia menyebut, tingkat kedisiplinan tinggi dapat mengatasi virus itu.

"Bagaimana kita dapat tingkatkan disiplin masyarakat. Ternyata vaksin efektif adalah disiplin masyarakat, dengan disiplin, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Ini cara efektif dan tepat dalam rangka tangani Covid-19. Tangani Covid-19 nggak bisa sendirian," kata Sachrudin.

Untuk diketahui, dalam rapid test di Ciledug, ada sembilan loket yang tersedia. Lalu swab tes ada dua mobil dengan 72 sempel, dengan maksimal 200-300. Apabila ada yang positif, langsung diserahkan ke gugus tugas wilayah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.