Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rentan Terpapar Covid-19, DPPM UI Salurkan APD Untuk Tenaga Medis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Sabtu, 06 Juni 2020, 02:57 WIB
Rentan Terpapar Covid-19, DPPM UI Salurkan APD Untuk Tenaga Medis
Bantuan APD dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI untuk sejumlah rumah sakit/Ist
rmol news logo Pandemik virus corona baru (Covid-19) yang masih mewabah mendorong Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI terus berbagi kepada sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI), Dra. Amelita Lusia mengatakan, sebanyak 1.000 Alat Pelindung Diri (APD) diserahkan ke sejumlah rumah sakit, di antaranya RSUD Depok, RS di Palu, RS Di Sulawesi Tengah, dan RSUD Abepura Jayapura.

"Dalam upaya untuk mengatasi penyebaran Covid-19 penting sekali untuk menjaga keselamatan tenaga kesehatan yang berada di garis depan (petugas medis)," ujar Amelita, Jumat (5/6).

Berdasarkan laporan Gugus Penanganan Covid-19, tercatat 55 tenaga kesehatan gugur karena virus corona, sedangkan 2.488 lainnya terpapar Covid-19.

Menurut Amelita, kelangkaan APD menyebabkan tingginya risiko penularan virus dari pasien ke tenaga kesehatan. Di sisi lain, para pekerja kesehatan harus memperlakukan seluruh pasien rumah sakit dengan kelengkapan APD yang sesuai standar protap Covid-19.

"Hal ini disebabkan 70% dari orang yang terinfeksi virus tidak menunjukkan gejala-gejala, atau disebut dengan OTG (orang tanpa gejala)," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA