Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertahan Di Zona Biru, Pemkab Ciamis Mulai Terapkan AKB

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 15 Juni 2020, 11:59 WIB
Bertahan Di Zona Biru, Pemkab Ciamis Mulai Terapkan AKB
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku tidak mudah untuk melakukan AKB saat kondisi masyakarat masih dilanda pandemik/RMOLJabar
Kabupaten Ciamis sudah secara resmi menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal sejak Sabtu, 13 Juni 2020. Padahal, saat ini Pandemik Covid-19 di Tatar Galuh masih jauh dari selesai.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku sulit melaksanakan AKB tengah pandemik seperti saat ini. Karena itu pihaknya terus mengajak masyarakat tetap waspada dan disiplin.

“Memang sangat sulit untuk menyesuaikan kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat di setiap aktivitas kesehariannya,” ujar Herdiat, Senin (15/6), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Dia mengungkapkan, menurut penilaian Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat, Ciamis mampu bertahan di zona biru (moderat) atau level 2 kewaspadaan penanganan Covid-19, sehingga Ciamis akan menerapkan AKB.

Herdiat menegaskan, apabila protokol kesehatan penanganan virus corona baru atau Covid-19 sudah menjadi kebiasaan maka New Normal bukanlah hal berat. Masyarakat juga akan mampu memutus mata rantai virus corona meski beraktivitas seperti biasa.

“Kalau sudah menjadi kesadaran atau kebutuhan seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, penerapan protokol kesehatan lainnya, dan disiplin menerapkan physical distancing, InsyaAllah bisa,” tegasnya.

Herdiat juga mengakui bahwa New Normal harus segera dilaksanakan agar ekonomi masyarakat tetap jalan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA