Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Italia Sempat Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Tertinggi Karena Masif Gelar Tes Swab Dan PCR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 17 Juni 2020, 20:59 WIB
Italia Sempat Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Tertinggi Karena Masif Gelar Tes Swab Dan PCR
Kondisi umum Italia di masa Covid-19/Repro
rmol news logo Italia pernah menjadi salah satu negara dengan lonjakan kasus Covid-19 sangat tinggi beberapa bulan lalu. Hal itu ditengarai akibat kebijakan pemerintah setempat yang sedari awal memasifkan swab test dan PCR.  

Terhitung hingga Selasa (16/7), 4,6 juta warga Italia sudah melakukan swab test dan PCR.

"Mengapa Italia datanya (kasus Covid-19) tinggi? Karena swab test dan PCR-nya juga cukup tinggi. Sudah 4.695.707 yang sudah di swab test per 16 Juni 2020," kata Dutabesar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Italia, R.A Esty Andayani saat diskusi daring bertajuk 'Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal)' yang diselenggarakan oleh Gerakan Alumni UI Untuk NKRI, Rabu (17/6).

Esty Andayani melanjutkan, masifnya swab test dan PCR di Italia itu telah membuahkan hasil. Hal itu terbukti dengan kondisi Italia yang sudah mulai mengalami penurunan kurva Covid-19.

"Sekarang yang tinggi Spanyol dan Inggris malahan," tuturnya.

Esty menambahkan, saat ini Italia sudah mulai memasuki fase kedua pandemik Covid-19 setalah lockdown dicabut pada 4 Mei lalu. Tetapi, fase kedua ini mengacu pada penurunan kurva kasus Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Perdana Menteri mereka.

Hal itu diikuti dengan kembali dibukanya beberapa pusat industri prioritas seperti perusahaan makanan yang diikuti perpustakaan, museum, dan beberapa restoran dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini dilakukan setalah evaluasi, kurva melandai dan menurun. Semuanya dilakukan secara bertahap," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA