Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marsekal Hadi Dukung Penuh Uji Klinik Terapi Secretom Bagi Penderita Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 24 Juni 2020, 02:18 WIB
Marsekal Hadi Dukung Penuh Uji Klinik Terapi Secretom Bagi Penderita Covid-19
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menerima audensi para peneliti SCCR/PuspenTNI
rmol news logo Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung dilaksanakannya riset dan uji klinik terapi Secretom Inhalasi bagi penderita virus corona baru (Covid-19)  dengan menggunakan secretom untuk menanggulangi badai sitokin (peradangan). Tujuan dari terapi secreton adalah mencegah kematian akibat terinfeksi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dukungan itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat menerima audiensi para Peneliti Stem Cell and Cancer Research (SCCR) Indonesia, yang diwakili oleh Sugeng Ibrahim, bertempat di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (23/06).

Dalam pertemuan tersebut, dr. Sugeng Ibrahim yang sehari-hari sebagai Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata Semarang menjelaskan bahwa saat ini sejumlah peneliti kedokteran yang berkolaborasi dengan para  ahli baik dari kalangan sipil maupun  militer yang meliputi TNI Angkatan Darat (TNI AD), Angkatan Udara (TNI AU) dan Polri sedang melaksanakan uji klinik terapi Covid-19.

Didampingi Kepala RSAU Esnawan Antariksa, Mukti Arja Berlian, dan Kolonel Nana Sarnadi dari RSPAD Gatot Subroto, Peneliti SCCR Indonesia  juga melaporkan temuan kepada Panglima TNI bahwa angka kematian akibat wabah Covid-19 dapat  diturunkan dengan  metodologi terkini yang mereka temukan yakni Pemberian Isolate Secretome Mesenchymal Stem Sell.

"Uji klinik pemberian Isolate Secretome Mesenchymal Stem Sell pada penderita Covid-19, rencananya akan dilakukan di sembilan Rumah Sakit di Indonesia, dengan principal investigator oleh Agung Putra, yang juga ketua Perkumpulan Peneliti Stem Sel dan Sel Indonesia (PERSEPSI )," demikian kata Dugeng.

Beberapa tempat yang menjadi lokasi riset diantaranya RS Kariadi Semarang, RSPAD Gatot Subroto, RSAU Esnawan Antariksa Halim PK, RS Bhayangkara Makassar, RS Muwardi Solo, RS Sultan Agung Semarang, dan RS Muhamadiyah Gamping dan RS Dadi Makassar.

Panglima TNI berharap, agar para peneliti fokus pada terapi dan upaya penemuan metode penyembuhan.

Langkah itu sebagai bagian aktif anak bangsa Indonesia dalam memberikan sumbangsih pada penyelesaikan masalah kesehatan khususnya Covid-19.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta agar SCCR Indonesia dan para peneliti-peneliti muda senantiasa mengikuti disiplin dan kaedah ilmu kedokteran dan bekerjasama dengan pemerintah agar pendemik Covid-19 dapat segera teratasi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA