Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UI Sumbangkan Ventilator Karya Anak Bangsa Ke RS Lewat Gugus Tugas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 24 Juni 2020, 16:57 WIB
UI Sumbangkan Ventilator Karya Anak Bangsa Ke RS Lewat Gugus Tugas
Penyerahan ventilator buatan UI ke Gugus Tugas/Net
rmol news logo Universitas Indonesi (UI) menyerahkan bantuan berupa ventilator hasil karya Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran UI kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membantu upaya penanganan penyakit yang disebabkan virus corona baru.

Penyerahan secara simbolis ventilator lokal Converter-20 dari pihak UI tersebut dilakukan Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan diterima oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (24/6/).

Hadir pada acara penyerahan itu antara Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI), Saleh Husin, Wakil Rektor UI, Abdul Haris, Dekan Fakultas Kedokteran UI, Arie Fahrial Syam dan Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri Budianto.

Untuk produksi pertama ventilator sebanyak 300 unit ini akan disumbangkan ke berbagai rumah sakit di tanah air, dimana 100 buah disumbangkan oleh kelompok usaha Adaro.

Pada kesempatan itu, Ketua MWA UI Saleh Husin berharap kelompok usaha swasta maupun BUMN dapat ikut berpartisipasi membantu menyebarkan ventilator buatan anak bangsa yang saat ini sangat dibutuhkan rumah sakit bagi para penderita Covid-19 dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

"Dengan demikian sendirinya kita mengurangi importasi dan penghematan devisa," ujar Saleh Husin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA