Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahli Epidemiologi: Wabah Corona Di Indonesia Penuh Ketidakpastian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 25 Juni 2020, 09:22 WIB
Ahli Epidemiologi: Wabah Corona Di Indonesia Penuh Ketidakpastian
Ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono/Repro
rmol news logo Lebih dari 3 bulan sejak kasus pertama virus corona baru (Covid-19) diumumkan pemerintah, jumlah kasus positif masih terus bertambah. Penularan masih saja terjadi di masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono, tingkat penularan Covid-19 di Indonesia tergolong community transmission.

"Artinya perlu kewaspadaan tinggi di seluruh wilayah Indonesia," ungkap Pandu melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (25/6).

Pandu melanjutkan, dirinya tidak setuju jika Indonesia dibagi dalam zona yang disebut zona risiko rendah, sedang, dan tinggi. Sebab, menurutnya, situasi wabah di Indonesia itu penuh ketidakpastian.

"Berdasarkan ilmu wabah, bisa tersesat kalau kita menyatakan aman, tapi tesnya terbatas. Niatnya mereka, hanya agar publik tentram," jelasnya.

Untuk itu, Pandu kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalani protokol kesehatan.

Lanjut Pandu, bila setiap orang Indonesia pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, maka penularan Covid-19 di Indonesia dapat ditekan.

"Bisa juga cegah kemungkinan gelombang pandemik berikutnya. Gerakan, mulai dari pasar tradisional di seluruh Indonesia. Tempat publik berinteraksi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA