Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Pasti Kebal Corona, Pasien Sembuh Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 03 Juli 2020, 04:43 WIB
Belum Pasti Kebal Corona, Pasien Sembuh Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
Kepala Divisi Penyakit Tropik Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Soroy Lardo/Istimewa
rmol news logo Pasien yang sudah dinyatakan sembuh Covid-19 diwajibkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan pasien sembuh Covid-19 tidak akan terinfeksi kembali.

"Proses keilmuan (virus SARS-CoV-2) sampai saat ini masih kita teliti. Kalau seorang pasien sudah sembuh, kemungkinan terinfeksi dan positif kembali masih mungkin," jelas Kepala Divisi Penyakit Tropik Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Soroy Lardo dalam keterangannya, Kamis (2/7).

Melihat peningkatan kasus positif Covid-19 yang masih signifikan, Soroy mengingatkan pentingnya pola hidup bersih dah sehat yang berkonsep kewaspadaan.

Perilaku baru seperti social distancing, physical distancing, penggunaan masker, cuci tangan sesering mungkin adalah kondisi yang akan membentuk kultur baru masyarakat yang dapat mencegah penularan Covid-19.

Bagi pasien sembuh Covid-19 juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan karena potensi terjangkit atau terinfeksi kembali masih sangat mungkin terjadi.

"Walaupun sudah sembuh, harus tetap menjalankan protokol kesehatan," tegas Soroy.

Berdasarkan data per 2 Juli 2020, jumlah yang dinyatakan positif Covid-19 sudah mencapai 59.394, bertambah 1.624 dari hari sebelumnya. Kemudian untuk pasien yang dinyatakan sembuh totalnya 26,667, atau bertambah 789 dari hari sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA