Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hewan Dari Belgia Ini Akan Menyelamatkan Manusia Dari Covid-19 Dengan Darahnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 03 Juli 2020, 14:50 WIB
Hewan Dari Belgia Ini Akan Menyelamatkan Manusia Dari Covid-19 Dengan Darahnya
Hewan Llama asal Belgia yang sedang menjalani proses uji terkait antivirus Covid-19
rmol news logo Di saat para ilmuwan sedang berjuang untuk menyempurnakan pengobatan antivirus  Covid-19, sebuah kabar baik datang dari seekor hewan llama asal Belgia bernama Winter. Darahnya akan digunakan untuk uji antivirus Covid-19.

Seekor llama betina berusia 4 tahun bernama Winter mulanya hanya seekor binatang liar biasa yang hidup di pegunungan Andes. Namun, setelah diberi versi aman dari virus SARS dan MERS pada 2016, sampel darah Winter menunjukkan bahwa dia bereaksi dengan mengembangkan antibodi, seperti dikutip dari Daily Sabah, kamis (2/7).

Kali ini dia disuntik dengan protein yang ada di permukaan virus corona baru, dan dia kembali mengembangkan respons imun.

Sebuah studi dilakukan oleh para ilmuwan dari pusat VIB-UGent Belgia untuk bioteknologi medis dan University of Texas di Austin, yang diterbitkan Selasa (30/6) di jurnal Cell, menggunakan Winter sebagai pusat studi mereka.

Antibodi yang dihasilkan dari hewan berkaki empat ini berhasil menetralkan virus corona dalam percobaan laboratorium, dan ini menjadi yang pertama dalam bidang medis. Antibodi ini juga tampaknya mampu berperan dalam melindungi pembawa dan menetralkan ancaman virus.

Profesor Xavier Saelens dari VIB pernah menyampaikan kepada AFP,  bahwa penelitian berbasis antibodi hewan llama ini sudah dilakukan sejak lama. Obat hasil penelitian juga sudah beredar di pasar farmasi.

“Sudah ada obat di pasaran yang diolah dari antibodi llama,” katanya merujuk pada caplacizumab, yang digunakan untuk medikasi kelainan darah thrombocytopenic purpura.

“Tujuan kami adalah menghasilkan pengobatan anti-virus yang akan melibatkan pemberian antibodi secara langsung kepada pasien,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa pengujian pertama pada pasien manusia dapat dimulai sebelum akhir tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA