Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasbullah Thabrany: Penambahan Kasus Positif Corona Berpotensi 10 Ribu Dalam Sehari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 14 Juli 2020, 11:44 WIB
Hasbullah Thabrany: Penambahan Kasus Positif Corona Berpotensi 10 Ribu Dalam Sehari
Pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany/Net
rmol news logo Kasus positif virus corona baru (Covid-19) diprediksi bisa mencapai angka yang cukup tinggi oleh pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany.

Karena menurutnya, rekor pertambahan yang terjadi pada Kamis (9/7) pekan lalu sebanyak 2.657 kasus baru, masih berpotensi melonjak.

"Saya sih enggak kaget (tambahan kasus positif lebih dari 2 ribu), karena kita berpotensi dapat di atas 10 ribu satu hari," ungkap Hasbullah Thabrany saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (14/7).

Lonjakkan kasus harian yang kemungkinan lebih tinggi, menurut Hasbullah, akan beriringan dengan naiknya target pemeriksaan spesimen yang dilakukan pemerintah dengan tingkat kedisplinan masyarakat menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Namun, jika melihat rata-rata jumlah pemeriksaan spesimen yang sudah mencapai 20 ribu ke atas, dan hasilnya ditemukan kasus positif seribu hingga 2 ribu lebih, maka Hasbullah menaksir persentase positifity rate di Indonesia berkisar 5-10 persen.

"Kalau diikut-ikuti ya sekitar 10 persen dari testing itu (untuk yang hari Kamis pekan lalu). Ya sekitar 5 sampai 10 persen lah variannya. Tergantung pemilihan orang tesnya," ungkap Pendiri Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia (Pamjaki) ini.

"Tapi kembali lagi, tergantung berapa banyak tes yang dilakukan. Kan jumlah tes yang dilakukan masih sedikit di Indonesia," pungkas Hasbullah Thabrany menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA