Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dahului Indonesia, Brasil Sudah Mulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 Juli 2020, 10:35 WIB
Dahului Indonesia, Brasil Sudah Mulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac
Brasil mulai uji klinis vaksin Covid-19 buatan perusahaan bioteknologi China, Sinovac/Net
rmol news logo Vaksin Covid-19 buatan perusahaan bioteknologi China, Sinovac, mulai melakukan tahap akhir pengujian di Brasil. Di mana para sukarelawan menerima dosis pertama uji klinis tahap 3.

Vaksin yang dinamakan CoronaVac tersebut mulai disuntikkan ke 9.000 petugas kesehatan di enam negara bagian. Uji klinis sendiri akan dilakukan selama tiga bulan ke depan dengan dua dosis.

"Kita hidup di masa yang unik dan bersejarah, dan itulah sebabnya saya ingin menjadi bagian dari uji coba ini," ujar seorang dokter berusia 27 tahun yang menjadi penerima dosis vaksin pertama di Rumah Sakit Klinis Sao Paulo.

Melansir CNA, Sinovac sendiri bekerja sama dengan pusat penelitan kesehatan masyarakat Brasil, Butantan Institute dalam mengembangkan uji klinis tahap 3.

Jika vaksin terbukti aman dan efektif, Butantan Institute memiliki hak untuk memproduksi 120 juta dosis vaksin di bawah perjanjian.

Brasil terpilih menjadi tempat pengembangan uji klinis vaksin mengingat masih luasnya penyebaran virus corona di sana. Sama halnya seperti Indonesia.

Beberapa hari terakhir, Indonesia telah menerima 2.400 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk diuji klinis. Uji klinis tersebut dikembangkan oleh Bio Farma dan Universitas Padjajaran.

Jika berhasil, Bio Farma memiliki hak untuk memproduksi 250 juta dosis vaksin berdasarkan perjanjian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA