Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Argentina Kembangkan Serum Hiperimun Dari Antibodi Kuda Untuk Obati Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Juli 2020, 15:40 WIB
Argentina Kembangkan Serum Hiperimun Dari Antibodi Kuda Untuk Obati Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Situasi pandemik seperti saat ini membuat industri medis berlomba-lomba mencari inovasi baru untuk mengembangkan vaksin dan pengobatan Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bioteknologi berbasis di Argentina, Inmunova.

Direktur Ilmiah Inmunova, Fernando Goldbaum pada Rabu (29/7) mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan serum hiperimun dengan antibodi dari kuda.

Serum tersebut diperoleh dengan menyuntikkan protein SARS-CoV-2 pada kuda agar menghasilkan sejumlah besar antibodi penawar. Inmunova kemudian mengekstraksi plasma dari kuda, lalu dimurnikan dan diproses.

Melansir CNA, serum tersebut menghasilkan efek positif saat diuji coba di laboratorium. Sehingga Inmunova melanjutkan proses dengan uji klinis terhadap 242 sukarelawan.

Goldbaum mengungkap, para sukarelawan adalah mereka yang sudah didiagnosis Covid-19 dengan gejala parah. Uji klinis tersebut dilakukan untuk melihat efektivitas serum.

"Jika kita dapat menurunkan replikasi virus pada hari-hari pertama, kita tidak hanya akan menurunkan viral load penyakit, tetapi juga memungkinkan pasien untuk mengembangkan tanggapan kekebalan mereka sendiri,” paparnya.

Dalam sebuah panggilan video, Goldbaum mengatakan uji klinis telah dimulai pada Senin (27/7) dan hasil pertama diperkirakan dapat muncul antara Oktober dan November.

Sejauh ini, Argentina sudah mendaftarkan hampir 175 ribu kasus Covid-19 dengan sekitar 3.200 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA