Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilmuwan Inggris: Obat Nyamuk Semprot Dengan Bahan Citriodiol Ampuh Lawan Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 09:27 WIB
Ilmuwan Inggris: Obat Nyamuk Semprot Dengan Bahan Citriodiol Ampuh Lawan Virus Corona
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para ilmuwan dari Defense Science and Technologies Laboratory (DSTL) Inggris telah mengumumkan Citriodiol ampuh membunuh virus corona baru. Itu merupakan bahan aktif yang banyak ditemukan dalam obat nyamuk semprot.

Melalui studi pendahuluan mereka, para ilmuan mengatakan, citriodiol yang terbuat dari daun dan ranting pohon eucalyptus citriodora mampu melawan Covid-19.

"Kami berharap temuan ini dapat digunakan sebagai batu loncatan organisasi lain untuk memperluas dan mengembangkan penelitian," ujar DSTL dalam pernyataannya.

Kendati begitu, Sky News memuat, obat anti serangga tidak cukup untuk melindungi manusia dari virus corona, kecuali jika menggunakan lapisan pertahanan tambahan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan mengikuti protokol kesehatan lainnya.

Direktur pelaksana Citrefine yang memproduksi citriodiol, Jacqueline Watson mengatakan optimis bisa membantu menghentikan penyebaran virus.

“Apa yang dapat kami katakan adalah bahwa kami merasa ada kemungkinan yang sangat bagus itu bisa bekerja melawan virus ini tetapi tentu saja perlu diuji secara menyeluruh,” katanya.

Sebelumnya, citriodiol memang sudah digunakan oleh militer Inggris sebagai pertahanan untuk menghadapi virus corona. Namun belum ada bukti zat tersebut bisa membunuh virus corona baru atau SARS-CoV-2.

The Guardian memuat, Kementerian Pertahanan Inggris sudah berencana untuk membeli stok produk yang mengandung citriodiol. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA