Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokter Yang Gugur Sudah Tembus 100 Orang, IDI Keluarkan 4 Rekomendasi Kepada Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Agustus 2020, 17:58 WIB
Dokter Yang Gugur Sudah Tembus 100 Orang, IDI Keluarkan 4 Rekomendasi Kepada Pemerintah
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M. Faqih/Net
rmol news logo Jumlah dokter yang sudah gugur karena infeksi virus corona baru (Covid-19) mencapai 100 orang. Hal ini menuntut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengeluarkan rekomendasi.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M. Faqih menyampaikan, persoalan itu langsung dikoordinasikan dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

Koordinasi tersebut dilakukan hari ini dan menghasilkan persetujuan yang mencakup empat poin rekomendasi, di mana poin-poin itu diharapkannya bisa diimplementasikan dalam memperbaiki penanganan Covid-19.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satgas dan Kementerian," ungkapnya kepada Kantor Berita Politik RMOL melalui siaran pers yang dibagikan Humas IDI, Senin (31/8).

Lebih lanjut, Daeng membeberkan empat poin rekomendasi tersebut. Yang mana pertama dia meminta agar kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi dokter maupun tenaga kesehatan dalam bertugas tetap terjaga ketersediaannya.

Kedua, meminta rumah sakit untuk melakukan penjadwalan jaga petugas kesehatan. Tujuannya adalah untuk menjaga imunutas tubuh petigas agar tidak kelelahan dan akhirnya berisiko tertular corona.

Rekoemndasi ketiga adalah mengenai rumah sakit yang harus memberlakukan kebijakan khusus terhadap petugas kesehatan yang memiliki penyakit bawaan dan berisiko tinggi penularan dengan cara tidak ikut praktik atau membatasi jam praktik.

Sedangkan yang keempat, meminta pemerintah mendorong rumah sakit melakukan tes corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) secara rutin kepada petugas kesehatan, guna memantau ketat dan mengindari terjadinya penularan luas Covid-19 di rumah sakit.

"Semua pihak seharusnya bergotong royong untuk men-support rumah sakit agar mampu melaksanakan empat hal di atas," demikian Daeng M Faqih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA