Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Doni Monardo: Tak Ada Tawar Menawar, Pertandingan Sepakbola Dan Basket Harus Tanpa Penonton!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 17 September 2020, 15:08 WIB
Doni Monardo: Tak Ada Tawar Menawar, Pertandingan Sepakbola Dan Basket Harus Tanpa Penonton<i>!</i>
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menandatangani nota kesepahaman Penyelenggaraan Olahraga Aman Covid-19/Istimewa
rmol news logo Penerapan protokol kesehatan menjadi hal mutlak dilakukan dalam pelaksanaan kompetisi maupun ajang olahraga di tengah pandemi Covid-19.

"Tidak boleh ada tawar menawar dengan ketentuan protokol kesehatan," tegas Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo di sela penandatanganan nota kesepahaman Penyelenggaraan Olahraga Aman Covid-19 yang digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (17/9).

Hal itu sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) HK.01.07-MENKES-382-2020 tentang Protokol Kesehatan Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Covid-19, yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan pada 19 Juni 2020.

"Protokol kesehatan dapat dijadikan acuan untuk mencegah klaster baru selama beraktivitas di tempat dan fasilitas umum termasuk kegiatan olahraga ," sambungnya.

Sesuai dengan KMK itu, Doni meminta agar setiap penyelenggara ajang olahraga wajib berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan dan Dinas/Lembaga lainnya di daerah, baik di tingkat kabupaten, kota dan provinsi.

Mengacu pada aturan protokol kesehatan, Doni juga menjelaskan bahwa implementasi pertandingan dua cabang olahraga, yakni sepakbola dan basket tidak boleh ada penonton. Oleh sebab itu, Doni meminta hal tersebut menjadi perhatian bersama antara penyelenggara, atlet mau pun para penonton dan suporter.

"Perlu dipastikan untuk seluruh kompetisi sepakbola dan bola basket akan dilaksanakan tanpa penonton. Mohon ini menjadi atensi bagi para penyelenggara untuk betul-betul mentaati konsensus yang telah dilakukan," jelas Doni.

Selain itu, Doni juga meminta agar seluruh personel dan pemain harus melalui pemeriksaan kesehatan swab tes/tes PCR dan dilakukan secara berkala untuk memastikan penyelenggaraan berjalan dengan aman. Kesehatan dari para penyelenggara mau pun pemain atau atlet tetap menjadi prioritas utama.

"Pertandingan olahraga sangat penting, tetapi kesehatan seluruhnya baik itu pemain maupun penyelenggaranya juga harus menjadi prioritas kita," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA