Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semakin Aktif Bertemu Orang, Penggunaan Masker Harus Lebih Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 September 2020, 14:51 WIB
Semakin Aktif Bertemu Orang, Penggunaan Masker Harus Lebih Ketat
Penggunaan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer/net
rmol news logo Penggunaan masker masih sering disalahartikan oleh masyarakat, di mana berbagai jenisnya dianggap memiliki tingkat perlindungan yang sama.

Padahal, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dr. Dewi Nur Aisyah mengatakan, setiap jenis masker memiliki tingkat perlindungan yang berbeda, tergandung pada bahan hingga penggunaannya.

Untuk penggunaan masker kain katun tiga lapis, kata Dewi, hanya dapat menurunkan risiko penularan virus corona kurang lebih 45 persen.

"Ketika kita menggunakan masker bedah atau masker kain yang setara performa filtarsinya dengan masker bedah ini, langsung risikonya turun di angka 70 persen. Sebenarnya jauh lebih efektif," tambah Dewi dalam diskusi yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertajuk "Covid-19 Dalam Angka: Ragam Cluster di Indonesia (Part II)" pada Rabu (30/9).

Dewi sendiri menggarisbawahi pemilihan penggunaan jenis masker. Seseorang yang memiliki aktivitas di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang disarankan untuk menggunakan masker bedah atau masker dengan performa filtrasi yang setara dengan masker bedah.

Di samping jenisnya, penggunaan masker juga sangat mempengaruhi risiko penularan. Di mana masker tidak boleh disimpan di bawah dagu.

Penggunaan masker juga harus disertai dengan rajin mencuci tangan dan jaga jarak. 

"Nah ketika kita ngobrol misalnya dia tidak bisa menggunakan masker karena sulit berbicara. Apakah droplet nya ini jatuh di sekitaran barang-barang yang disentuh? Jadi harus cuci tangan," sambungnya,

Jika seseorang patuh pada protokol kesehatan dengan menggunakan masker yang baik, menjaga jarak, dan mencuci tangan, maka risiko penularan Covid-19 dapat dipotong hingga 90 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA