Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Infeksi Covid-19, Usia 40 Tahun Ke Atas Yang WFH Dianjurkan Berolahraga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 03 Oktober 2020, 13:28 WIB
Hindari Infeksi Covid-19, Usia 40 Tahun Ke Atas Yang WFH Dianjurkan Berolahraga
Olahraga di rumah saat WFH/Net
rmol news logo Kebijakan bekerja di rumah (Work From Home/WFH) selama masa pandemi Covid-19 tidak menutup kemungkinan adanya potensi penularan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dokter spesialis olahraga, dr. Arie Sutopo Sp.KO menerangkan, unsur terpenting mencegah potensi penularan adalah dengan menjaga daya tahan dan atau kekebalan tubuh (imunitas). Salah satunya dengan berolahraga.

Namun faktanya, masyarakat yang bekerja WFH selama masa pandemi seperti sekarang ini sulit menjaga kekebalan tubuhnya dengan olahraga karena aktivitas pekerjaan yang stagnan, alias kurang bergerak.

"Jadi karena ada ketentuan mengenai WFH, jadi kalau hanya cuma kerja saja masalah timbul. Jadi kita mesti bergerak juga berolahraga," ungkap Arie Sutopo dalam diskusi virtual yang disiarkan akun Youtube BNPB bertajuk 'Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi', Sabtu (3/10).

Pengajar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjabarkan, WFH dapat menimbulkan kekakuan pada otot-otot dan sendi masyarakat pekerja, terutama untuk mereka yang berumur 40 tahun ke atas.

"Nati ngilu-ngilu semua habis kerja, semua sakit sendinya ngilu bangun susah," tandasnya.

Karena itu, Arie Sutopo menganjurkan masyarakat pekerja untuk bisa menyisihkan waktunya merenggangkan otot-otot dan sendinya dengan berolahraga.

"Digerakan, sedkit atau tanpa beban itu harus sering dilakukan," sambungnya.

Terutama, lanjut Arie Sutopo, untuk masyarakat pekerja umur 40 tahun ke atas yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) jantung dan paru-paru dianjurkan olahraga kardio (olahraga aerobik) yang bisa dilakukan di dalam rumah.

"Itu harus, kalau enggak lama-lama orang tua 40 tahun ke atas darah tingginya naik, napas sesak apalagi datang di Covid-19 nih. Datang si Covid-19 masalah lagi ini, kita sudah punya masalah jantung sama paru-paru karena tidak bergerak jadi komorbid datang lagi (Covid-19). Jadi masalah timbul lagi," paparnya.

Oleh karena itu, Arie Sutopo menekankan pentingnya olahraga bagi pekerja yang WFH. Di mana berolahraga bertunjuan meningkatkan imunitas, dan akan percuma meskipun sudah menerapkan 3M, (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

"Jadi kita sudah pakai masker, jaga jarak, cuci tangan tapi kalau sampai covid masuk juga badan ini mesti punya tentara buat hantam dia (covid). Caranya dengan olahraga," katanya.

"Kalau kita bergerak di rumah atau olahraga itu daya tahan naik. Itu hebatnya. Kalau kita olahraga sedang atau ringan jogging, daya tahan naik, jumlah sel darah putihnya naik. Jadi begitu Covid-19 datang langsung dihantem sama si sel darah putih. Tapi kalau dia diam-diam saja tentara di dalam enggak naik," demikian Arie Sutopo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA