Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jawa Tengah, Papua dan Bali Jadi Perhatian Serius Satgas Penanganan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 16 Oktober 2020, 13:24 WIB
Jawa Tengah, Papua dan Bali Jadi Perhatian Serius Satgas Penanganan Covid-19
Wiku Adisasmito/Net
rmol news logo Tiga daerah terdampak pandemi Covid-19 mendapat perhatian serius oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Jurubicara Satgas, Wiku Adisasmito menyebutkan tiga daerah yang mendapat perhatian serius antara lain Jawa Tengah, Papua dan Bali.

Terdapat beberapa indikator yang menyebabkan tiga daerah tersebut mesti diperhatikan secara serius. Pertama untuk kasus aktif Covid-19 yang mengalami peningkatan di Papua dan Jawa Tengah.

Kemudian, kasus sembuh di Jawa Tengah dan Papua mengalami penurunan, namun untuk kematian cenderung stagnan. Sementara untuk kasus kematian meningkat di Bali.

"Kami perlu memberikan perhatian lebih pada Jawa Tengah, Papua dan Bali," ujar Wiku dalam siatan pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (16/10).

Lebih rinci, Wiku menyebutkan kenaikan angka kasus aktif di Jawa Tengah persentasenya 23,94 persen, lebih tinggi dari 2 minggu sebelumnya yang sebesar 22,49 persen.

Tapi angka kesembuhannya menurun dari 71,09 persen menjadi 70,35 persen, dan kasus kematian menurun dari 6,42 persen menjadi 5,71 persen.

Adapun untuk di Bali, persentase kematiannya meningkat dalam dua pekan terakhir. Persentasenya 2,97 persen, meningkat pada 4 Oktober menjadi 3,11 persen, dan meningkat lagi pada 11 Oktober menjadi 3,17 persen.

Namun, kesembuhan meningkat dari 81,90 persen pada 27 Septmeber, menjadi 83,46 persen pada 4 Oktober dan 85,90 persen pada 11 Oktober. Kasus aktif menurun dari 15,13 persen pada 27 September menjadi 11,03 persen pada 11 Oktober.

"Peningkatan kualitas rumah sakit rujukan, ditambahnya fasilitas isolasi mandiri atau rumah sakit darurat dapat membantu menekan angka kematian. Kepada warga Bali jika ada gejala Covid-19 segera melaporkan agar dapat ditangani sedini mungkin," demikian Wiku Adisasmito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA