Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-siap Long Weekend? Ini Tips Liburan Aman Dari Ahli Epidemiologi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Oktober 2020, 10:26 WIB
Siap-siap <i>Long Weekend</i>? Ini Tips Liburan Aman Dari Ahli Epidemiologi
Ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono, punya sedikit tips bagi masyarakat yang ingin liburan/Net
rmol news logo Libur panjang di masa normal tentu jadi momen yang sangat ditunggu masyarakat untuk melepas penat bersama keluarga. Namun, di masa pandemi ini, menjalani liburan saat ada long weekend justru menyimpan risiko yang bisa mengancam kesehatan masyarakat.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama sebagai bagian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Sementara tanggal 31 Oktober dan 1 November jatuh pada Sabtu dan Minggu. Sehingga akan ada libur panjang akhir pekan selama 5 hari, mulai 28 Oktober sampai 1 November.

Untuk itu, Pemerintah telah menegaskan agar jangan sampai libur panjang kali ini sama seperti libur panjang sebelumnya, di mana terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Nah, bagi masyarakat yang tetap akan bepergian saat libur panjang pekan depan, ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono, memberikan sedikit tips agar liburan tetap aman.

"Berwisata di libur panjang, tidak harus berisiko meningkatkan kasus Covid-19. Hindari tempat wisata yang banyak kerumunan orang," ujar Pandu seperti yang dikutip Kantor Berita Politik RMOL melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (22/10).

"Pilih tempat yang terbuka. Selalu laksanakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Rencanakan dan selalu waspada," sambung Pandu.

Sebelumnya kasus positif virus corona baru alias Covid-19 di ibukota sempat mengalami penambahan yang signifikan. Sebagian besar penambahan tersebut terjadi akibat terpapar saat menjalani libur panjang akhir pekan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA