Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 Aktivitas Rawan Penularan Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 22 Oktober 2020, 20:34 WIB
7 Aktivitas Rawan Penularan Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober Ini
Dewi Nur Aisyah/Repro
rmol news logo Potensi penularan Covid-19 pada masa libur panjang akhir bulan Oktober ini paling rawan terjadi disejumlah aktivitas.

Ketua Tim Pakar Biďang Epidemiologi dan IT Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah menyebutkan 7 aktifitas yang beresiko tinggi penularan.

"Kondisinya saat ini ada liburan panjang, harus antisipasi," ujar Dewi dalam Talk Show Satgas Penanganan Covid-19 yang disiarkan melalui kanal Youtube BNPB, Kamis (22/10).

Ketujuh aktivitas yang rawan tinggi penularan tersebut antara lain liburan di tempat wisata, perayaan hari besar di tempat ibadah, dan kampanye Pilkada diberbagai daerah.

Kemudian mengunjungi keluarga, berbelanja di pasar swalayan atau pasar tradisional, menggunakan transportasi umum, dan berada ditempat pengungsian bencana alam.

Semua aktivitas tersebut, dijelaskan Dewi, memiliki potensi tinggi penularan karena menjadi pusat keramaian, dan bisa menimbulkan kerumunan banyak orang dari daerah-daerah yang berbeda.

"Ketika kita keluar dari daerah kita, banyak sekali orang pergi, berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, itu bisa jadi akan terjadi potensi penularan dari tempat yang satu ke tempat-tempat yang lainnya juga," ungkapnya.

"Jadi intinya adalah, mobilitas penduduk keluar masuk dari sebuah wilayah ini bisa terjadi penularan. Ini bisa kita lihat disini," demikian Dewi Nur Aisyah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA