Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokter Yang Gugur Bertambah Jadi 141 Orang, Paling Banyak Di Jawa Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 26 Oktober 2020, 09:38 WIB
Dokter Yang Gugur Bertambah Jadi 141 Orang, Paling Banyak Di Jawa Timur
Ilustrasi tenaga kesehatan penanganan Covid-19/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 kembali merenggut nyawa para dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang berjibaku di garda terdepan penanganan.

Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kembali menginformasikan jumlah dokter dan tenaga medis yang wafat saat bertugas menangani pasien berdasarkan data per 25 Oktober 2020.

Selama satu semester penyebaran Covid-19 di Indonesia, PB IDI mencatat jumlah dokter yang meninggal mencapai 141 orang. Angka ini meningkat jika dibandingkan data 15 Oktober lalu yang mencatat 136 dokter wafat.

Jika dirinci, para dokter yang wafat karena terinfeksi Covid-19 tersebut terdiri dari 75 dokter umum (5 guru besar), dan 64 dokter spesialis (5 guru besar), serta 2 residen yang berasal dari 18 IDI wilayah provinsi) dan 66 IDI cabang kota/kabupaten.

Adapun berdasarkan data per provinsi, jumlah dokter yang wafat paling banyak ada di Jawa Timur, yaitu sebanyak 35 dokter. Disusul Sumatera Utara 23 dokter, DKI Jakarta 20 dokter, Jawa Barat 11 dokter, dan Jawa Tengah 10 dokter.

Kemudian, untuk angka kematian dokter di rentang 5 hingga 10 orang berada di Sulawesi Selatan sebanyak 6 dokter dan Bali 5 dokter.

Sementara untuk yang di bawah 5 orang ada di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Aceh, dan Riau 4 dokter. Kemudian Kalimantan Timur dan Banten 3 dokter. Kepulauan Riau, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Utara 2 dokter. Serta Papua Barat 1 dokter.

Namun berdasarkan jenis kelamin, dokter yang paling banyak meninggal karena terinfeksi Covid-19 adalah laki-laki, yaitu mencapai 85 persen atau sebanyak 120 orang.

Sementara dokter perempuan sebanyak 15 persen dari total jumlah dokter yang wafat, atau sebanyak 21 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA