Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suryopratomo: Virus Corona Mematikan, Tapi Punya Kelemahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 27 Oktober 2020, 11:42 WIB
Suryopratomo: Virus Corona Mematikan, Tapi Punya Kelemahan
Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Suryopratomo dalam talkshow pada Selasa, 27 Oktober 2020/RMOL
rmol news logo Virus corona baru atau SARS-CoV-2 sudah menginfeksi lebih dari 393 ribu orang di Indonesia. Sebanyak 13.411 di antaranya bahkan meninggal dunia.

Meskipun berbahaya dan mematikan, relawan Satgas Penanganan Covid-19 Suryopratomo mengatakan, virus corona memiliki kelemahan.

Berbicara dalam talkshow bertajuk "Suryopratomo, Dari Relawan Hingga Duta Besar” yang dipandu oleh Ketua Sub Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Troy Pantouw, ia menjelaskan virus corona baru menular melalui aerosol atau droplet dari orang yang terinfeksi.

"Karena itu, yang terpenting dari awal kita mengkampanyekan tiga hal," kata Tommy, sapaan akrab Suryopratomo, dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (27/10) itu.

"Nomor satu adalah menggunakan masker agar aerosol tertahan ketika kita berbicara," lanjut eks pemimpin redaksi surat kabar Kompas itu.

Setelah itu, Tommy menjelaskan, langkah kedua yang perlu dipatuhi untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah menjaga jarak.

"Yang ketiga adalah, saya katakan virus ini mematikan tapi punya kelemahan juga. Apa kelemahannya? Ternyata virus ini takut sama sabun," ungkap Tommy.

"Jadi sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum kita memegang bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA