Ajak Masyarakat Taat Protokol Covid-19, Puluhan Presenter TV Luncurkan Mars Iman-Aman-Imun

Aman, Iman dan Imun/Net

Ajakan hidup sehat terhindar dari pandemi Covid-19 digaungkan puluhan presenter televisi nasional dengan membuat "Mars Aman Iman dan Imun".

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, para presenter televisi yang terlibat atau ikut menyanyikan Mars Aman, Iman dan Imun ada sebanyak 23 orang.

Ke-23 presenter tersebut bekerja pada hampir semua televisi swasta maupun BUMN yang bersiaran secara nasional di Indonesia. Diantaranya TVRI, Metro TV, TV One, Kompas TV, Net TV, Inews TV, CNN Indonesia, SCTV, Indosiar, Beritasatu TV, Jak TV, RTV dan MNC TV.

Para presenter tersebut bersatu padu menyanyikan lagu di studio siaran mereka masing-masing untuk kemudian dikolase dalam sebuah videoklip berdurasi 1 menit dan 13 detik.

Pembuatan Videoklip dari Mars Aman, Iman dan Imun ini disutradarai oleh Dody Isnaini, yang merupakan salah seorang anggota Grup Vocal Kahitna sekaligus pencipta lagu.

Dalam pertemuan virtual sekaligus peluncuran videoklip bersama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dan para presenter, Rabu malam (28/10), Dody menjelaskan, lagu yang diciptakan atas permintaan Ketua Satgas tersebut tidak murni mars. Tetapi ada sedikit sentuhan pop agar mudah dinyanyikan masyarakat.

“Kalau mendengar lirik lagu 'tidur cukup itu pasti', terasa di situ sentuhan popnya. Jadi kalau boleh saya mengatakan ini mars pop.  Setelah lagu disetujui, saya melakukan rekruitmen terbuka lewat Instagram. Ada Friska, Kompas TV yang pertama respons Lalu muncul ide bagaimana kalo news anchor saja yang nyanyi,” tutur Dodi.

Alasan memilih news anchor sebagai penyanyi, Dody menjelaskan, karena mereka adalah bagian terdepan penyampaian informasi ke publik.

"Mereka sangat di kenal di samping artis. Artis nyanyi mungkin biasa, tetapi kalau presenter berita menyanyi jadi kejutan, menarik perhatian  sehingga masyarakat bisa merasa ikut dan terajak," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dody mengatakan waktu rekaman dan pembuatan video klip dari Mars tersebut dilakukan selama 5 hari. Karena, dia harus mendatangi satu per satu para presenter dengan membawa sendiri perlengkapan rekaman dan menerapkan protokol kesehatan agar benar-benar aman dan terhindar dari penularan Covid.

Dalam kesempatan yang sama, Doni Monardo secara khusus menyampaikan terima kasih atas dukungan para presenter dan pimpinan stasiun televisi dalam membantu pembuatan lagu mars ini.

“Apa yang dilakukan teman-teman presenter merupakan bagian bela negara. Yang namanya pahlawan bukan hanya mereka yang mengangkat senjata. Ketika sekarang kita sedang menghadapi ancaman covid-19, maka para dokter, petugas medis, dan juga presenter yang berjuang untuk menyelamatkan bangsa dari ancaman covid-19 adalah juga pahlawan,” kata Doni.

Adapun salah satu presenter televisi yang menjadi penyanyi dari Metro TV, Widya, mengaku senang dan bangga bisa ikut terlibat dalam pembuatan lagu Mars Iman-Aman-Imun. Dia mengaku ada keseruan yang dirasakan ketika diminta untuk pengambilan suara dan video.

"Saya berharap apa yang kami lakukan bisa memberikan kontribusi kepada upaya besar kita untuk melawan penyebaran covid-19," ucap Widya.

Sebagai informasi, Aman, Iman dan Imun merupakan salah satu materi kampanye pencegahan penularan covid yang menggabungkan tiga wajib dalam satu rangkaian aktivitas masyarat.

Dalam situasi pandemi, publik diajak selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, menjalankan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun.

Wajib ketiga adalan menjaga imunitas tubuh sehingga tidak gampang terserang penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup serta makan makanan bergizi dan seimbang.
EDITOR: AHMAD SATRYO

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Penambahan Kasus Covid-19 Ibukota: 1.360 Positif, 1.016 Sembuh
Kesehatan

Penambahan Kasus Covid-19 Ib..

05 Desember 2020 23:20
Kasus Positif Covid-19 Naik Menjadi 569.707 Orang, Yang Aktif 81.669 Orang
Kesehatan

Kasus Positif Covid-19 Naik ..

05 Desember 2020 16:27
PPNI: 75 Persen Perawat Yang Meninggal Karena Covid-19 Bertugas Di Kamar Rawat Inap
Kesehatan

PPNI: 75 Persen Perawat Yang..

05 Desember 2020 15:43
Kasus Positif Dan Kematian Tenaga Medis Meningkat Tajam, PB IDI Minta Masyarakat Percaya Keberadaan Covid-19
Kesehatan

Kasus Positif Dan Kematian T..

05 Desember 2020 12:13
Angka Kematian Dokter Meningkat 3 Kali Lipat Pada Awal Desember
Kesehatan

Angka Kematian Dokter Mening..

05 Desember 2020 11:30
Ini Tips Psikolog Hilangkan Cemas Berlebih Akibat Pandemi Covid-19
Kesehatan

Ini Tips Psikolog Hilangkan ..

04 Desember 2020 22:08
Pandemi Covid-19 Rentan Memicu Gangguan Psikosomatis, Begini Mengatasinya
Kesehatan

Pandemi Covid-19 Rentan Memi..

04 Desember 2020 18:43
Dikira Pura-pura Positif Covid-19, Bima Arya: Edukasi Yang Utama, Baru Penegakan Hukum
Kesehatan

Dikira Pura-pura Positif Cov..

04 Desember 2020 18:31