Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, Panel PBB Ingatkan Akan Ada 850 Ribu Jenis Virus Mematikan Seperti Corona Di Masa Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 31 Oktober 2020, 10:29 WIB
Waspada, Panel PBB Ingatkan Akan Ada 850 Ribu Jenis Virus Mematikan Seperti Corona Di Masa Depan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan datang dari panel keanekaragaman hayati Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mereka mengatakan bahwa di masa depan akan lebih sering terjadi pandemi, membunuh lebih banyak orang, dan mendatangkan kerusakan yang lebih buruk pada ekonomi global daripada Covid-19.

Mereka mengatakan hal-hal mengerikan itu bisa terjadi jika tidak ada perubahan mendasar dalam cara manusia memperlakukan alam.

Panel yang dikenal sebagai IPBES itu bahkan memperingatkan bahwa akan ada hingga 850 ribu jenis virus seperti novel coronavirus. Virus-virus itu akan menyerang hewan dan mungkin dapat menginfeksi manusia. Mereka juga mengatakan pandemi mewakili "ancaman eksistensial" bagi umat manusia.

Penulis laporan khusus tentang keanekaragaman hayati dan pandemi mengatakan bahwa perusakan habitat dan konsumsi yang tak terpuaskan membuat penyakit yang dibawa oleh hewan jauh lebih mungkin menyerang manusia di masa depan.

"Tidak ada misteri besar tentang penyebab pandemi Covid-19 - atau pandemi modern lainnya," kata Peter Daszak, Presiden Ecohealth Alliance dan ketua lokakarya IPBES yang menyusun laporan tersebut, seperti dikutip dari AFP, Jumat (30/10).

"Aktivitas manusia yang sama yang mendorong perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati juga mendorong risiko pandemi meskipun berdampak pada pertanian kita."

Panel tersebut mengatakan bahwa Covid-19 adalah pandemi keenam sejak wabah influenza tahun 1918 - yang semuanya "sepenuhnya didorong oleh aktivitas manusia".

Ini termasuk eksploitasi lingkungan yang tidak berkelanjutan melalui penggundulan hutan, perluasan pertanian, perdagangan dan konsumsi satwa liar - yang semuanya membuat manusia semakin dekat dengan hewan liar dan ternak serta penyakit yang mereka bawa.

Tujuh puluh persen penyakit yang muncul - seperti Ebola, Zika dan HIV / AIDS - berasal dari zoonosis, yang berarti penyakit tersebut beredar pada hewan sebelum melompat ke manusia.

Panel tersebut mengingatkan, sekitar lima penyakit baru muncul di antara manusia setiap tahun, salah satunya berpotensi menjadi pandemi.

IPBES mengatakan dalam penilaian berkala tentang keadaan alam tahun lalu bahwa lebih dari tiga perempat daratan di Bumi telah rusak parah akibat aktivitas manusia.

"Sepertiga permukaan tanah dan tiga perempat air tawar di planet ini saat ini digunakan untuk pertanian, dan penggunaan sumber daya manusia telah meroket 80 persen hanya dalam tiga dekade," katanya.

IPBES mengadakan diskusi virtual dengan 22 pakar terkemuka untuk menghasilkan daftar opsi yang dapat diambil pemerintah untuk menurunkan risiko pandemi berulang.

Ini mengakui kesulitan dalam menghitung biaya ekonomi penuh Covid-19. Namun penilaian tersebut menunjukkan perkiraan biaya hingga 16 triliun dolar AS pada Juli 2020.

Para ahli mengatakan bahwa biaya untuk mencegah pandemi di masa depan kemungkinan akan 100 kali lebih murah daripada menanggapinya, "memberikan insentif ekonomi yang kuat untuk perubahan transformatif".

"Pendekatan kita secara efektif mandek," kata Daszak.

"Kita masih mengandalkan upaya untuk menahan dan mengendalikan penyakit setelah mereka muncul, melalui vaksin dan terapi."

IPBES menyarankan respons pandemi global yang terkoordinasi, dan agar negara-negara menyepakati target untuk mencegah hilangnya keanekaragaman hayati dalam kesepakatan internasional serupa dengan kesepakatan Paris tentang perubahan iklim.

Di antara opsi bagi pembuat kebijakan untuk mengurangi kemungkinan berlakunya kembali Covid-19 adalah pajak atau pungutan atas konsumsi daging, produksi ternak, dan bentuk lain dari "aktivitas berisiko pandemi tinggi".

Kajian tersebut juga menyarankan regulasi yang lebih baik untuk perdagangan satwa liar internasional dan memberdayakan masyarakat adat untuk lebih melestarikan habitat liar.

Nick Ostle, seorang peneliti di CEH Lancaster Environment Center, Universitas Lancaster, mengatakan penilaian IPBES harus berfungsi sebagai pengingat tentang betapa manusia sangat bergantung pada alam.

"Kesehatan, kekayaan, dan kesejahteraan kita bergantung pada kesehatan, kekayaan, dan kesejahteraan lingkungan kita," kata Ostle, yang tidak terlibat dalam proses penelitian.

"Tantangan pandemi ini telah menyoroti pentingnya melindungi dan memulihkan sistem 'pendukung kehidupan' lingkungan kita yang penting secara global dan bersama." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA