Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komite Penanganan Covid-19: Media Berperan Menyampaikan Informasi Soal Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 31 Oktober 2020, 13:53 WIB
Komite Penanganan Covid-19: Media Berperan Menyampaikan Informasi Soal Vaksinasi
Pandemi Covid-19/Net
rmol news logo Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menilai jurnalis dan media sangat berperan dalam menyebarkan informasi mengenai vaksinasi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sebagai ujung tombak media, jurnalis berperan siginifikan untuk menyampaikan informasi soal vaksinasi dan pemulihan ekonomi nasional," kata Ketua Komunikasi Publik KPCPEN, Rosarita Niken Widiastuti saat webinar "Vaksinasi untuk Negeri", Sabtu (31/10).

KPCPEN mengamati masih banyak hoax yang bertebaran soal vaksinasi, misalnya soal efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19, yang bisa menimbulkan keengganan masyarakat untuk mendapatkan vaksin ketika sudah ada.

"Di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, masih ada sebagian kecil masyarakat yang enggan atau tidak percaya vaksinasi. Ini hambatan terbesar untuk melaksanakan dan melindungi masyarakat dari penyakit berbahaya yang sebetulnya bisa dicegah dengan vaksin," kata Niken.

Untuk itu, KPCPEN berpendapat media perlu dilibatkan secara aktif dalam komunikasi publik tentang Covid-19 di tanah air.

Berkaitan dengan hoax mengenai Covid-19 sendiri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan 2.000-an konten di media sosial, berdasarkan data per 19 Oktober.

Data internal Kominfo menunjukkan sejak 23 Januari hingga 18 Oktober terdapat 2.020 konten hoax seputar Covid-19 di media sosial, sementara yang sudah diturunkan (take down) berjumlah 1.759. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA