Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jumlah Dokter Meninggal Karena Covid-19 Bertambah, Totalnya 152 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 03 November 2020, 11:08 WIB
Jumlah Dokter Meninggal Karena Covid-19 Bertambah, Totalnya 152 Orang
Dokter dan tenaga medis penanganan Covid-19/Net
rmol news logo Kabar duka kembali diterima Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Karena, Pandemi Covid-19 kembali merenggut nyawa para dokter yang berjibaku di garda terdepan penanganan.

Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kembali menginformasikan jumlah dokter dan tenaga medis yang wafat saat bertugas menangani pasien berdasarkan data per 31 Oktober 2020.

Selama 8 bulan penyebaran Covid-19 di Indonesia, PB IDI mencatat jumlah dokter yang meninggal sudah sebanyak 152 orang. Angka ini meningkat jika dibandingkan data 25 Oktober lalu yang mencatat 141 dokter wafat.

Jika dirinci, para dokter yang wafat karena terinfeksi Covid-19 tersebut terdiri dari 82 dokter umum (4 guru besar), dan 68 dokter spesialis (6 guru besar), serta 2 residen yang berasal dari 18 IDI Wilayah (provinsi) dan 69 IDI Cabang (Kota/Kabupaten).

Adapun berdasarkan data per provinsi, jumlah dokter yang wafat paling banyak ada di Jawa Timur, yaitu sebanyak 33 dokter. Disusul Sumatera Utara 23 dokter, DKI Jakarta 24 dokter, Jawa Barat 12 dokter, dan Jawa Tengah 10 dokter.

Kemudian, untuk angka kematian dokter di rentang 5 hingga 10 berada di Sulawesi Selatan sebanyak 7 dokter, Banten 6 dokter dan Bali 5 dokter.

Sementara untuk yang di bawah 5 orang ada di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Aceh, dan Riau dengan 4 dokter. Kemudian Sumatera Selatan 3 dokter, Kepulauan Riau, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Utara 2 dokter.

Serta, Papua Barat, Sumatera Barat, Bengkulu 1 dokter meninggal dunia. Namun, masih ada dua dokter menunggu verifikasi pendataan.

Adapun berdasarkan jenis kelamin, dokter yang paling banyak meninggal karena terinfeksi Covid-19 adalah laki-laki, yaitu mencapai 86 persen atau sebanyak 130 orang.

Sementara dokter perempuan sebanyak 14 persen dari total jumlah dokter yang wafat, atau sebanyak 22 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA