Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uji Klinis Di Bandung, Sinovac Punya Keunggulan Tersendiri Untuk Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 04 November 2020, 12:00 WIB
Uji Klinis Di Bandung, Sinovac Punya Keunggulan Tersendiri Untuk Indonesia
Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia terus menjajaki kerja sama pengembangan vaksin dengan sejumlah negara maupun perusahaan pengembang.

Sejauh ini, ada tiga di antara beberapa kandidat vaksin Covid-19 yang menarik perhatian pemerintahan Joko Widodo. Mereka adalah vaksin Covid-19 buatan tiga perusahaan China, CanSino Biological, Sinovac Biotech, dan Sinopharm.

"Kebetulan ketiganya sama-sama (berada dalam uji klinis) fase 3. Ketiga-tiganya termasuk yang berpacu terdepan," ujar pakar kesehatan, dr. Adam Prabata dalam diskusi virtual Bincang Sehat bertajuk "Menanti Vaksin Covid-19" pada Rabu (4/11).

Meski dalam tahapan yang sama, dr. Adam mengatakan, Sinovac memiliki keunggulan tersendiri untuk digunakan di Indonesia.

"Tapi kalau ditanya yang mana yang unggul, Sinovac ini uji klinis di Indonesia, di Bandung, di Padjajaran itu, (sehingga) nanti hasilnya akan lebih mendekati baik untuk Indonesia karena sudah menyesuaikan dengan orang Indonesia," paparnya.

Sejauh ini, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, Kusnandi Rusmil mengatakan, uji klinis yang dilakukan oleh Sinovac di Bandung belum menemukan efek samping yang mengerikan.

Walaupun terdapat beberapa relawan yang mengundurkan diri, namun tidak ada di antara mereka yang mundur karena efek negatif vaksin.

"Saya pikir sampai saat ini keamanannya bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya pada Selasa (3/11). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA